Cara Membuat Tokoh Cerita yang Relatable

Ketika menulis sebuah cerita entah itu dalam bentuk novel atau cerpen, tokoh yang relate atau terasa dekat dengan pembaca akan menimbulkan kesan yang bagus dan akan selalu diingat. Oleh karena itu, penting bagi penulis membuat tokoh yang relatable. Berikut ini sakan saya jabarkan cara membuat tokoh yang relatable bagi pembaca saat membuat cerita.

Cara Membuat Tokoh Cerita yang Relatable
1.Berikan tokohmu sedikit dirimu

Maksudany adalah bukan membuat tokoh yang berdasarkan diri kita sebagai penulis namun ambil sedikit karakteristik dari kita. Misalnya adalah kita merupakan orang yang pemarah nah kita pasti sangat tahu bagaimana orang pemarah berpikir dan bereaksi. Gunakan itu pada tokohmu jika misalnya tokoh dalam ceritamu marah, maka tokoh dalam ceritamu akan terasa nyata dan relatable.

2. Buat tokohmu secara jelas dan masuk akal

Jelaskan tokohmu dengan detil dan akurat dari mulai tanggal lahir, bentuk, dan sifatnya sehingga kamu sebagai penulis tidak bingung akan diapakan tokoh tersebut saat menghadap sebuah masalah, dan bagaimana cara dia merespon masalah tersebut. Hal yang dilakukan tokoh tersebut haruslah masuk akal jika tidak masuk di dunia nyata buatlah masuk akal menurut jalan ceritamu.

3. Jujur pada dirimu sendiri saat Menulis tokoh

Semakin personal kamu dalam menulis tokohmurmu, maka semakin relate tokohmumu bagi pembaca. Maksudnya saat kamu sebagai penulis membuat tokoh dalam cerita apa yang kamu rasakan pada tokohmu maka tuliskan itu dan tuangkan dalam cerita.

4. Amati orang dan lingkungan di sekitarmu untuk membuat tokoh

Pada akhirnya, menulis adalah tentang orang. Orang-orang menulis, dan mereka menulis tentang orang lain. Jika seseorang tetap terisolasi sejak lahir, tidak mungkin mereka bisa menulis sesuatu yang bisa dipahami oleh masyarakat umum.

Mengapa orang membaca? Mereka membaca untuk melarikan diri. Mereka membaca untuk mengalami kisah orang lain. Mereka membaca karena mereka terpesona oleh dunia lain, situasi lain, orang lain. Untuk menyajikan realitas alternatif itu kepada mereka, kamu perlu membuat tokoh yang dapat dipercaya, yang dapat dihubungkan dengan siapa saja.

Ini lebih merupakan solusi jangka panjang. Ini akan membantumu memberi efek pada tiga poin sebelumnya. Langkah pertama menuju penulisan tokoh yang berhubungan adalah mengamati orang-orang nyata di sekitarmu. Selalu amati orang dan ukur bagaimana mereka berpikir serta bagaimana mereka bertindak. Ini membantumu nantinya untuk membuat tokoh yang dapat diajak berinteraksi oleh mayoritas masyarakat.

Menurut saya, menulis adalah seni sosial. Itu membutuhkan kemampuan untuk bersimpati dan bahkan berempati dengan orang.


Referensi: https://writingcooperative.com/4-tips-for-writing-relatable-characters-de23821264f4

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel