Cara Agar Bisa Konsisten Menulis Setiap Hari

Menulis setiap hari tidak membuatmu menjadi penulis yang lebih baik, namun menulis setiap hari akan membuatmu menjadi penulis yang lebih produktif.

Cara Agar Bisa Konsisten Menulis Setiap Hari

Bagi sebagian besar orang, membangun membangun kebiasaan menulis yang kuat adalah salah satu hal yang sulit dilakukan. Banyak hal yang terjadi dan sering kali kita tidak bisa menulis sepatah kata pun karena pikiran sudah buntu.

Misalnya saya, biasanya saya tidak mau menulis hari ini karena merasa tulisan saya begitu jelek dan saya lebih suka rebahan dan tidur di kamar sambil main gadget seharian.

Menulis setiap hari adalah salah satu hal termudah di dunia. Jika anda bisa membiasakannya maka anda akan tetap melakukannya meskipun kalian tidak ingin menulis. Inilah cara agar bisa konsisten menukis setiap hari.

1. Buat jadwal

Tidak ada jam khusus atau jam terbaik untuk menulis karena satiap orang berbeda dan memiliki jam memulis yang berbeda-beda pula jadi tidak ada istilah jam menulis terbaik. Kamu harus bisa membuat jadwal menulis yang menurut anda terbaik bagi diri anda sendiri dan jangan terpaku pada jam penulis lain karena sekali lagi setiap penulis itu berbeda dan memiliki jam menulis terbaik sendiri-sendiri. Misalnya saya, saya lebih suka menulis malam hari hingga tengah malam karena lebih tenang dan merasa lebih banyak inspirasi.

2. Ketahui apa tujuanmu menulis
Apa tujuanmu menulis, apakah anda ingin terkenal, kaya, atau berbagi pengetahuan? Apa pun tujuan menulismu tidaklah menjadi masalah karena selama kamu paham tujaunmu dan tujunmu bisa membuatmu semangat dalam menulis maka itu sudah cukup agar bisa memecutmu untuk menulis steiap hari.

3. Buat target dalam menulis

Masih ada hubungannya dengan jadwal menulis buatlah target dalam menulis misalnya 30 hari menulis tanpa putus, buat novel 300 lembar atau membuat 100 cerpen sebulan. Membuat target dalam menulis dapat membuat kita tetap termotivasi untuk terus menulis.

4. Menulis di mana saja dan apa saja

Menulis adalah menulis tidak peduli apa yang kamu tulis. Misalnya menulis artikel, cerpen, novel, tips-tips. Tulis apa saja yang kamu mau jangan biarkan apapun menghalangi tulisanmu. Kamu juga bisa mempublikasikan tulisanmu di mana saja entah di blog, porta berita, media cetak, ataupun media sosial kamu. Kamu juga bisa menulis dengan apa saja baik dengan tangan ataupun diketik.

5. Miliki seseuatu untuk ditulis
Halaman kertas atau word yang kosong adalah yang yang menakutkan bagi penulis karena belum ada apa pun yang bisa dibuat. Itulah pentingnya mengapa kamu harus tahu adakah sesuatu yang kamu miliki dan ingin kamu tuangkan dengan tulisan.

6. Tidak memiliki sesuatu untuk ditulis

Ini adalah hal yang berkebalikan dengan tips nomor 5. Tidak milikilah sesuatu untuk ditulis sehingga kamu bisa mengeksplor banyak ragam ide tulisan lain dan akhirnya memiliki suatu hal yang bar untuk ditulis.

7. Istirahat dalam menulis

Jika tujuan atau target menulis setiap harimu sudah tercapai istirahat dari menulis selama satu atau dua hari tidak akan menjadi masalah. Berhenti sejenak dalam menulis setiap hari juga bisa memberikan kita pandangan atau inovasi baru dalam menulis sehingga ketika kamu menulis lagi maka tulisannya akan menjadi lebih baik.

Referensi: https://medium.com/the-winter-writer/how-to-write-every-day-41748ae22075


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel