Pohon Pisang ternyata Tidak Termasuk Pohon

Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut sisir.

Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.


Pusat keragaman utama pisang terletak di daerah Malesia (Asia Tenggara, Papua dan Australia tropika). Pusat keragaman minor juga terdapat di Afrika tropis. Tumbuhan ini menyukai iklim tropis panas dan lembap, terutama di dataran rendah.


Di daerah dengan hujan merata sepanjang tahun, produksi pisang dapat berlangsung tanpa mengenal musim. Indonesia, Kepulauan Pasifik, negara-negara Amerika Tengah, dan Brasil dikenal sebagai negara utama pengekspor pisang. Masyarakat di negara-negara Afrika dan Amerika Latin dikenal sangat tinggi mengonsumsi pisang setiap tahunnya.


Tahukah kamu, meskipun sering disebut pohon pisang namun sebenarnya pisang tidak termasuk dalam definisi pohon.


Definisi dari pohon adalah tumbuhan berkayu (memiliki jaringan kayu) dengan batang utama dan tajuk yang jelas. Dilihat dari definisi tsb, jelas sekali bahwa pisang bukan termasuk pohon.


Pisang yang umum di Indonesia memiliki nama latin Musa sp. dan merupakan tumbuhan yang masuk dalam kategori herba. Herba tidak memiliki batang utama dan jaringan/sel kayu. Meskipun sekilas terlihat seperti pohon, [Batang] pada tumbuhan pisang sebenernya adalah pelepah daun yang melebar dan menumpuk atau biasa disebut dengan pseudostem.



Pohon Pisang ternyata Tidak Termasuk Pohon
struktur tanaman pisang
Demikian artikel Pohon Pisang ternyata Tidak Termasuk Pohon semoga bisa bermanfaat.

Sumber:

Wikipedia
Quora

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel