Kondisi yang Menyebabkan Bumi Layak Ditinggali Makhluk Hidup

Bumi adalah planet ketiga dari Matahari yang merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya. Bumi juga merupakan planet terbesar dari empat planet kebumian Tata Surya. Bumi terkadang disebut dengan dunia atau Planet Biru.

Kondisi yang Menyebabkan Bumi Layak untuk Ditinggali Makhluk Hidup

Bumi terbentuk sekitar 4,54 miliar tahun yang lalu, dan kehidupan sudah muncul di permukaannya paling tidak sekitar 3,5 miliar tahun yang lalu. Biosfer Bumi kemudian secara perlahan mengubah atmosfer dan kondisi fisik dasar lainnya, yang memungkinkan terjadinya perkembangbiakan organisme serta pembentukan lapisan ozon, yang bersama medan magnet Bumi menghalangi radiasi surya berbahaya dan mengizinkan makhluk hidup mikroskopis untuk berkembang biak dengan aman di daratan. Sifat fisik, sejarah geologi, dan orbit Bumi memungkinkan kehidupan untuk bisa terus bertahan.

Ada banyak faktor yang dimiliki oleh Bumi sehingga menjadi tempat yang memungkinkan bagi makhluk hidup untuk bervolusi dan layak dihuni. Di antaranya karena tempat orbit, atmosfer Bumi, ukuran dan massa planet, serta sifat kimia yang dimiliki oleh Bumi.

1. Tempat Orbit
Jarak dari Bumi ke bintang terdekatnya, yakni Matahari, sangatlah pas. Dengan kata lain tidak terlalu jauh dan juga tidak terlalu dekat. Kondisi ini yang menyebabkan Bumi berada pada zona Goldilocks atau zona layak huni (habitable zone). Mengapa demikian?

Planet yang terletak pada zona Goldilocks memenuhi syarat untuk menjamin keberadaan air (zat cair), dan seperti yang kita tahu bahwa air adalah sumber dari kehidupan. Andaikan Bumi masuk ke dalam orbit planet Mars, maka air di permukaan Bumi akan memadat beku dan cahaya Matahari tidak cukup bagi tumbuhan untuk berfotosintesis. Begitu pun jika Bumi memasuki orbit planet Venus yang memiliki suhu permukaan lebih besar dari 400 derajat celcius, air di permukaan Bumi akan menguap ke atmosfer. Akibatnya tidak mungkin ada kehidupan yang dapat berlangsung di Bumi karena kita pun pasti akan meleleh kepanasan, ugh!

2. Atmosfer Bumi
Selain karena Bumi terletak pada zona Goldilocks, faktor yang menyebabkan suhu permukaan Bumi sangatlah pas adalah karena keberadaan atmosfer pada Bumi. Atmosfer menjaga planet agar tetap hangat dari efek rumah kaca. Atmosfer pun berperan untuk menyerap radiasi Matahari yang berbahaya dan mengurangi perubahan suhu antara siang dan malam.

Planet Venus juga memiliki atmosfer, akan tetapi karena dia terlalu dekat dengan Matahari maka efek rumah kaca yang tidak terkendali terjadi di atas permukaannya, sehingga menyebabkan permukaan Venus amat sangat panas.

3. Ukuran dan Massa Planet
Selain tempat orbitnya, ukuran dan massa planet Bumi pun sangat pas. Bumi memiliki radius rata-rata sebesar 6.371 km dan massa sebesar 5,97 x 10^24 kg. Massa dari suatu planet memengaruhi tarikan gravitasinya. Seperti pada Bulan yang memiliki massa 1/6 kali massa Bumi menyebabkan gaya gravitasi di bulan sangatlah kecil, sehingga yang terjadi adalah tubuh kita akan melayang-layang di atas permukaan Bulan.

Jika tarikan gravitasinya sangat kuat, contohnya pada bintang Neutron yang memiliki massa sebesar Matahari tetapi ukurannya sangat kecil, maka gaya gravitasi di sana sangat besar. Akibatnya jika kita menginjakkan kaki di permukaan bintang Neutron, maka sudah dipastikan kita akan gepeng!

4. Sifat Kimia dan Kandungan Mineral dari Bumi
Kehidupan di Bumi juga terjadi karena adanya sifat kimia dan kandungan mineral yang dimiliki oleh Bumi. Keberadaan mineral akan berhubungan dengan keanekaragaman kehidupan di suatu planet. Planet Bumi memilki kandungan mineral yang berlimpah yang tidak dimiliki oleh planet lain seperti Venus dan Mars. Jadi keberadaan mineral memengaruhi kemampuan sebuah planet untuk mendukung kehidupan.

5. Bulan yang Setia Mendampingi Bumi
Tanpa kita sadari, sumbu Bumi kita ternyata memiliki kemiringan sebesar 23,5 derajat terhadap bidang orbitnya.

Kemiringan tersebut mengakibatkan terjadinya perubahan musim di Bumi, sehingga Bumi memiliki empat musim, yaitu musim panas, musim dingin, musim gugur dan musim semi. Akan tetapi kemiringan sumbu Bumi tidak lah stabil sehingga dapat berubah-ubah. Namun dengan keberadaan Bulan maka kemiringan sumbu Bumi dapat terjaga karena Bulan mengorbit Bumi dengan sangat cepat. Tanpa daya tarik Bulan, perubahan iklim di Bumi diperkirakan dapat menjadi tak terduga lagi.

Dengan demikian Bumi menjadi salah satu planet yang layak untuk ditinggali oleh makhluk hidup. Di planet Bumi ini kita dapat tumbuh dan berevolusi. Maka dari itu jagalah planet kita, karena mungkin saja hanya di Bumi kita dapat melangsungkan kehidupan.

Demikian artikel Kondisi yang Menyebabkan Bumi Layak Ditinggali Makhluk Hidup semoga bisa bermanfaat.

Sumber:
Wikipedia
Quora

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel