Ternyata Hanya Nyamuk Betina Yang Menghisap Darah

Hallo Agan...Kita sering kali digigt oleh nyamuk yang membuat tubuh kita gatal bahkan terkena penyakit seperti demam berdarah, malaria dan kaki gajah. Kita pasti sering mengira bahwa nyamuk yang menggigiti kita adalah nyamuk jantan dan betina, tetapi ternyata tidak demikian!

Ternyata Hanya Nyamuk Betina Yang Menghisap Darah
nyamuk menghisap darah image by: merdeka
Ternyata hanya nyamuk betina yang menggigit dan menghisap darah. Nyamuk betina menggigit dan menghisap darah karena mereka membutuhkan protein darah guna perkembangan benih-benih atau larva-larva nyamuk.

Nyamuk jantan tidak menghisap darah. Hal ini dikarenakan nyamuk jantan tidak mempunyai alat penghisap yang runcing untuk menembus kulit dan menghisap darah seperti halnya nyamuk betina. Jika bentuk mulut nyamuk betina panjang dan runcing sehingga bisa menembus kulit dan menghisap darah lain halnya dengan nyamuk jantan yang mempunyai bentuk mulut yang panjang dan berbulu tapi tidak runcing sehingga nyamuk jantan tidak bisa menembus kulit dan menghisap darah.

Lalu apa makanan nyamuk jantan untuk kelangsungan hidupnya? Ternyata nyamuk jantan hidup dengan memakan sari bunga, buah atau cairan lain yang mengandung gula dan nutrisi. Jika agan menemukan nyamuk yang mati di dalam air teh manis, air susu ataupun es buah dapat dipastikan bahwa nyamuk tersebut adalah nyamuk jantan.

Oleh sebab itu, berarti dapat diketahui bahwa nyamuk yang berperan menyebarkan dan menularkan penyakit seperti Demam berdarah, malaria dan kaki gajah adalah nyamuk betina.

Dari uraian diatas kita dapat mengetahui ciri-ciri nyamuk jantan dan nyamuk betina serta perbedaaanya.

Demikain artikel dari saya tentang Ternyata Hanya Nyamuk Betina Yang Menghisap Darah semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel