Lumba-Lumba Mamalia Laut Yang paling Cerdas

Lumba-lumba adalah salah satu hewan laut yang sangat terkenal. Bentuk lumba-lumba seperti ikan, tetapi lumba-lumba bukan spesies ikan.Lumba-lumba termasuk mamalia, yaitu hewan yang melahirkan dan menyusui anaknya. Lumba-lumba adalah salah satu mamalia laut yang sangat cerdas.

Lumba-Lumba Mamalia Laut Yang paling Cerdas


Seperti bayi mamalia yang lainnya bayi lumba-lumba juga menyusu pada induknya. Bayi lumba-lumba yang baru lahir akan dibawa ke permukaan oleh induknya agar bisa menghirup udara. Anak lumba-lumba akan tetap berada di dekat induknya hingga cukup besar dan mampu untuk hidup sendiri. Oleh karena itu, bayi lumba-lumba tidak pernah terlihat sendiarian di lautan.  Induknya akan selalu menjaga anaknya dari bahaya terutama predator dan mengajarinya cara mencari makan sendiri.

Induk dan anak lumba-lumba sering terlihat berenang melompat-lompat di permukaan laut untuk menghirup udara . Hewan yang masih berkerabat dengan paus dan pesut ini bernapas melalui dua lubang yang berada di bagian atas kepalanya.

Lumba-lumba berkomunikasi dengan sesamanya dengan bunyi yang terdengar seperti siulan. Mamalia laut yang hidup berkelompok ini memiliki sapaan yang berbeda untuk setiap lumba-lumba seakan-akan mereka memiliki bahasa sendiri. Selain untuk berkomunikasi gelombang suara yang dihasilkan lumba-lumba juga dapat memantau benda-benda yang ada di sekitarnya.

Lumba-lumba makan cumi dan ikan seperti ikan mullet abu-abu. Kadang kadang Lumba-lumba menggiring kawanan ikan agar mudah ditangkap.

Lumba-lumba memiliki sebuah sistem yang digunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsang yang dinamakan sistem sonar. Lumba-lumba dapat berenang dengan cepat tanpa membentur benda di depannya karena gelombang sonar tersebut. Gelombang suara inilah yang menjadi inspirasi manusia untuk teknologi radar terutama radar bawah laut.

Kecerdasan lumba-lumba sudah diketahui dan dikenal sejak lama. Lumba-lumba dapat mengenal dan mengingat orang. Lumba-lumba juga dapat dilatih untuk berhitung  dan melakukan atraksi makannya sering kali kita melihat sirkus hewan yang ditampilkan oleh lumba-lumba . Atraksi lumba-lumba ini sudah diadakan sejak ratusan tahun yang lalu.


Demikian artikel saya tentang lumba-lumba mamalia laut yang cerdas semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel