Cara Tubuh Menyembuhkan Luka

Hallo agan...Kita pasti perah terluka, yang menyebabkan kita merasakan sakit dan berdarah, entah itu luka sayatan, sobekan atau lecet. Secara alami luka yang kita derita akan sembuh dengan sendirinya apabila luka tidak terlalu parah. Nah kenapa luka bisa sembuh sendiri? Bagaimana cara tubuh menyembuhkan luka?

Cara Tubuh Menyembuhkan Luka


Sebelum itu kita harus tahu bahwa darah terdiri dari suatu cairan yang disebut plasma. Trombosit (keping darah) melakukan proses pembekuan darah sehingga darah yang mengalir pada luka pun bisa dihentikan. Di dalam plasma darah, sejumlah sel yang disebut butir darah mengapung. Plasma darah terbentuk dari air, protein, lemak gula dan garam. Plasma punya  butir darah merah, butir darah putih dan butir pembeku darah atau trombosit yang berbeda jumlah dan ukuran. Butir darah putih dan trombosit punya peran yang penting dalam proses penyembuhan luka.

Butir atau sel darah putih bergerak secara bebas. Tugasnya, mematikan bakteri yang berbahaya sehingga dapat mencegah penyakit. Nah, saat luka sel darah putih berperan mematikan bakteri agar tidak terjadi infeksi.

Trombosit mengandung sebuah enzim yang bertugas membekukan darah. Enzim megeluarkan benang-benang fibrin . Benang-benang fibrin itu menyebabkan darah membeku karena benang-benang tersebut berbentuk seperti jaring. Jaring tersebut bisa menangkap dan menghalangi sel darah merah keluar dari pembuluh darah yang rusak karena sayatan, sobekan atau lecet. Dengan demikian lukapun akhirnya bisa sembuh.

Demikian artikel dari saya tentang cara tubuh menyembuhkan luka semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel