Informasi dan Fakta Tentang Gravitasi

Informasi  dan Fakta Tentang Gravitasi

Hallo agan…Pernahkan kalian mendengar kata gravitasi? Gravitasi ditemukan oleh ilmuwan yang bernama sir issac newton oleh karena itulah satuan gravitasi dinamakan newton.

apel yang jatuh


Pengertian gravitasi

Pernahkah Agan melihat magnet?  Dua magnet yang didekatkan akan Magnet  saling tarik menarik satu sama lain, dan  contoh dari  Gravitasi  adalah magnet tersebut . Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta. Gravitasi matahari mengakibatkan benda-benda langit berada pada orbit masing-masing dalam mengitari matahari. Fisika modern mendeskripsikan gravitasi menggunakan Teori Relativitas Umum dari Einstein, namun hukum gravitasi universal Newton yang lebih sederhana merupakan hampiran yang cukup akurat dalam kebanyakan kasus.


Apa dan siapa yang memiliki gravitasi?

Apa pun yang memiliki massa,  pasti juga memiliki gravitasi, contohnya Bumi memiliki gravitasi, yang menarik segala sesuatu yang dekat dengannya misalnya bumi bisa menarik meteorit dan membuat bulan mengelilinginya. Apakah Agan pikir manusia memiliki gravitasi? Ya, Karena manusia memiliki massa otomatis manusia juga memiliki gravitasi. Namun, gravitasi yang dimiliki manusia jauh lebih lemah dibandingkan dengan gravitasi bumi, . Pusat gravitasi adalah titik di mana suatu benda atau orang bisa seimbang misalnya bola titik gravitasinya adalh porosnya.

Apa yang mempengaruhi gravitasi?

Gravitasi  dipengaruhi oleh ukuran dan kedekatan. Berikut pertanyaan lain. Apa yang membuat bumi bergerak mengelilingi matahari?  Jawabanya adalah Tarikan gravitasi matahari. Sir Isaac Newton menyadari bahwa gaya yang sama diatur benda di bumi dan benda-benda di ruang angkasa. Jadi, ia datang dengan Hukum Universal Gravitasi.

Apa percepatan gravitasi?
Gaya gravitasi bumi mempercepat benda ketika mereka jatuh. Ini adalah sama untuk setiap objek. Jadi apakah yang jatuh mobil, sepeda, manusia, buah apel, jeruk atau pensil, mereka akan mendapatkan kecepatan pada tingkat yang sama yang membedakannya adalah massanya.

Mengapa percepatan gravitasi sama untuk semua objek?
Meskipun tarikan gravitasi bumi pada kedua objek berbeda, begitu juga massa mereka. Jadi, efek yang kita lihat, atau percepatan, adalah sama. Tarik bumi membuat benda mempercepat 9,8 meter per detik, setiap detik.

Jadi, jika Anda drop bola dari atas bangunan, itu akan bergerak pada 9,8 meter per detik setelah satu detik, dan pergi pada 19,6 meter per detik setelah dua detik dan seterusnya.
Satu newton adalah gaya gravitasi bumi pada massa 102 g (= 1 / 9,81 kg)

Fakta menarik tentang gravitasi

1. Gravitasi mempengaruhi dapat pertumbuhan tanaman.
2. Lubang hitam memiliki tarikan gravitasi terkuat di alam semesta.
3. Pasang-surut air laut disebabkan oleh rotasi bumi dan matahari dan efek gravitasi bulan.
4. Semakin tinggi suatu benda, semakin besar energi potensialnya. Pada Abad Pertengahan, ada senjata yang disebut trebuchets yang menggunakan prinsip gravitasi  ini untuk melontarkan senjata yang mematikan karena efek gravitasi.
5. Pembangkit listrik tenaga air yang ada sekarang dibuat dengan memanfaatkan energi potensial gravitasi air.
6. Berat adalah ukuran gaya gravitasi bumi pada tubuh. Hitung berat badan Anda di planet lain!
Demikian Postingan saya tentang  Informasi  dan Fakta Tentang Gravitasi dan semoga bermanfaat bagi agan sekalian.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel