Rangkuman Materi Reproduksi Tumbuhan dan Hewan Kelas 9

Hallo Agan…Pada postingan kali ini saya akan memberikan rangkuman tentang materi reproduksi hewan dan tumbuhan kelas 9 kurikulum 2013 yang saya kutip dari buku ipa kelas 9 kurikulum 2013. Materi ini berada pada bab 2 buku tersebut yang sudah saya lengkapi dengan beberapa informasi tambahan. Ok langsung saja untuk melihat rangkumannya bisa kita lihat pada postingan di bawah ini!

lebah.jpg
lebah yang sedang membantu proses penyerbukan

1. Tumbuhan dan hewan dapat melakukan reproduksi secara seksual dan aseksual.

2. Reproduksi aseksual adalah reproduksi tumbuhan atau hewan tanpa melewati proses fertilisasi. Reproduksi aseksual menggunakan organ tubuh ataupun bagian tubuh hewan ataupun tumbuhan, sedangkan reproduksi seksual adalah reproduksi yang melibatkan proses fertilisasi.

3. Reproduksi seksual adalah reproduksi yang melalui proses fertilisasi, yaitu proses peleburan inti sel kelamin jantan (sel benih) dan inti sel kelamin betina (sel telur) yabg bisa menghasilkan zigot untuk keberlangsungan hidup spesies tersebut.

4. Reproduksi aseksual alami tumbuhan berbiji tertutup dengan menggunakan rhizoma, stolon, umbi lapis, umbi batang, kuncup adventif daun, dan anakan. Reproduksi aseksual buatan dapat dilakukan melalui cangkok, merunduk, menyambung, menempel
dan setek. Reproduksi seksual merupakan cara reproduksi yang melibatkan sel kelamin dan fertilisasi. Reproduksi seksual pada tumbuhan melibatkan sel kelamin berupa benih yang dihasilkan oleh serbuk sari dan sel telur yang dihasilkan oleh putik.

5. Reproduksi pada tumbuhan tumbuhan berbiji terbuka secara seksual melalui penyerbukan dan pembuahan yang terjadi pada strobilus. Reproduksi aseksual terjadi melalui tunas akar pada tumbuhan pinus dan bulbil pada tanaman pakis haji.

6. Tumbuhan paku (Pteridhophyta) mengalami tahap gametofit dan sporofit. Reproduksi seksual terjadi pada tahap gametofit yaitu dengan dihasilkannya sel kelamin. Sel kelamin jantan dan betina yang dihasilkan akan mengalami fertilisasi. Tahapan selanjutnya ialah tahap sporofit, yaitu dimulai ketika zigot hasil fertilisasi akan tumbuh menjadi tumbuhan paku yang dapat menghasilkan spora tahap-tahap tersebut membentuk suatu proses yang bernama mtegenesis yang selain terjadi pada tumbuhan paku terjadi juga pada tumbuhan lumut.

7. Tumbuhan Lumut (Bryophyta) mengalami reproduksi seksual dan aseksual pada satu kali siklus hidupnya. Reproduksi seksual dengan menghasilkan gamet jantan dan gamet betina, yaitu pada tahap gametofit. Pada tahap sporofit tumbuhan lumut menghasilkan spora. Reproduksi lumut secara aseksual dapat melalui gemmae atau kuncup.

8. Teknologi reproduksi pada tumbuhan meliputi vertikultur, hidroponik,Hibrida, dan kultur jaringan tumbuhan.

9. Hewan dapat melakukan reproduksi aseksual melalui tunas, fragmentasi, membelah diri, sporutasi dan partenogenesis.

10. Berdasarkan cara perkembangan dan kelahiran embrionya hewan yang bereproduksi secara seksual dibagi menjadi hewan vivipar, ovipar dan ovovivipar.

11. Beberapa hewan dapat mengalami tahap reproduksi seksual dan tahap reproduksi aseksual dalam satu kali siklus hidup, misalnya pada ubur-ubur.

12. Beberapa hewan dapat mengalami metamorfosis atau perubahan struktur tubuh tiap tahap pertumbuhan dan perkembangannya. Metamorfosis dapat digolongkan menjadi metamorphosis sempuna contohnya: kupu-kupu dan nyamuk serta metamorfosis tidak sempurna contohnya: kecoa dan belalang.

13. Teknologi reproduksi pada hewan ialah melalui inseminasi buatan yang biasanya diaplikasikan pada hewan sapi untuk menghasilkan anakan yang unggul.

14. Hewan dan tumbuhan terjaga kelangsungan hidupnya selain melalui reproduksi juga melalui peristiwa adaptasi dan seleksi alam.

15. Seleksi alam adalah proses yang dilakukan oleh alam untuk memilih jenis organisme yang paling mampu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

16. Faktor faktor yang meyebabkan seleksi alam antara lain kompetisi, adaptasi dan reproduksi.

17.Contoh seleksi alam adalah punahnya dinasaurus dan evolusi.


Demikian rangkuman yang bisa saya berikan untuk agan, mohon maaf bila masih banyak kekurangan dan kesalahan, dan semoga rangkuman tersebut bisa berguna untuk agan entah itu untuk ulangan harian,Ulangan tengah semester dan ulangan-ulangan lain atau untuk sekedar menambah pengetahuan.