Informasi dan Fakta Tentang Mobil Listrik


Hallo Agan…Kita sering kali mendengar tentang mobil yang ramah lingkungan karena tidak menyebabkan pecemaran udara, mobil tersebut tidak menyebabkan pencemaran karena berbahan bakar listrik sebagai sumber energinya.Yup,  mobil tersebut adalah mobil listrik. Mobil listrik sekarang sudah banyak digunakan oleh Negara-negara maju dan sedang terus dikembangkan.  Ngomong-ngomong soal mobil listrik, Menurut agan, apakah yang dimaksud mobil  listrik itu?

Pengertian Mobil  listrik

Mobil listrik adalah mobil yang bertenaga listrik dan melakukan pengisian energi  dengan menggunakan listrik, sehingga mobil listrik tersebut  tidak memerlukan  bensin atau bahan bakar fosil lainnya untuk  sumber energi operasionalnya.  Mobil listrik menyimpan listrik dengan menggunakan Baterai lithium ion yang ringan dan efisien sehingga mobil listrik dapat melaju hingga mencapai kecepatan 10 sampai 100 Km per/jam bahkan lebih karena mobil listrik sekarang sedang terus dikembangkan. Beberapa mobil listrik bahkan dapat memberikan perkiraan berapa jauh mereka dapat melakukan perjalanan hari itu dengan diberi beberapa penyesuaian!

mobil listrik.jpg
mobil listrik yang sedang mengisi bahan bakar

Kekurangan dang kelebihan mobil listrik

Mobil listrik memiliki beberapa kelebihan yang potensial jika dibandingkan dengan mobil bermesin pembakaran dalam biasa. Yang paling utama adalah mobil listrik tidak menghasilkan emisi kendaraan bermotor. Selain itu, mobil jenis ini juga mengurangi emisi gas rumah kaca karena tidak membutuhkan bahan bakar fosil sebagai penggerak utamanya.Pada akhirnya, ketergantungan minyak dari luar negeri pun berkurang, karena bagi beberapa negara maju seperti Amerika Serikat dan banyak negara Eropa, kenaikan harga minyak dapat memukul ekonomi mereka.[1][8][9] Bagi negara berkembang, harga minyak yang tinggi semakin memberatkan neraca pembayaran mereka, sehingga menghambat pertumbuhan ekonomi mereka.

Sedangkan kekurangan mobil listrik adalah penggunaan mobil listrik secara meluas memiliki banyak hambatan dan kekurangan.Sampai pada tahun 2011, harga mobil listrik masih jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan mobil bermesin pembakaran dalam biasa dan kendaraan listrik hibrida karena harga baterai ion litium yang mahal.Meskipun begitu, saat ini harga baterai mulai turun karena mulai diproduksi dalam jumlah besar.Faktor lainnya yang menghambat tumbuhnya penggunaan mobil listrik adalah masih sedikitnya stasiun pengisian untuk mobil listrik, ditambah lagi ketakutan pengendara akan habisnya isi baterai mobil sebelum mereka sampai di tujuan.

Dimana kita Mengisi Daya Mobil Listrik?

Jika dinegara majau mobil listrik sudah memiliki stasiun pengisian daya sendiri layaknya SPBU dan mobil listrik juga dapat diisi dayanya di rumah dengan cara mengisi baterai mobil di garasi Anda di malam hari dengan cara menghubungkannya ke stopkontak listrik.


Produsen-produsen  Mobil Listrik

Beberapa produsen mobil listrik yang terkenal didunia antara lain: Perusahaan Mahindra yang memiliki mobil listrik sendiri disebut e2o Mahindra sedangkan perusahaan mobil yang terkenal di seluruh dunia,  Chevrolet dan BMW akan meluncurkan mobil listrik versi mereka sendiri yang akan terwujud tahun ini. Model-model Mobil listrik yang tersedia dan dijual di pasaran beberapa negara adalah Tesla Roadster, REVAi, Renault Fluence Z.E., Buddy, Mitsubishi i MiEV, Tazzari Zero, Nissan Leaf, Smart ED, Wheego Whip LiFe, Mia listrik, dan BYD e6. Nissan Leaf, dengan penjualan lebih dari 20.000 unit di seluruh dunia (sampai November 2011), dan Mitsubishi i-MiEV, dengan penjualan global lebih dari 17.000 unit pada oktober 2011, adalah kedua mobil listrik paling laris di dunia.

Fitur-fitur  Mobil Listrik

Mobil listrik memiliki beragam fitur yang menarik . Jika mobil listrik sedang diam karena tidak digunakan Mobil listrik bisa dipanggil dengan remot yang terdapat pada kunci. Selain itu, Ada banyak fitur lain yang  baru seperti mengunci mobil atau menyalakan AC menggunakan fitur smartphone. Mesin yang cerdas miliki mobil listrik dan kamera dukungan terbalik, dan mencegah mobil dari bergulir menuruni bukit ketika agan sedang berkendara di  lereng gunung, tentunya ini sangat cocok jika dioperasikan di Indonesia karena wilayah daratan Indonesia kebanyakan terdiri dari perbukitan dan pegunungan.

Masa Depan Mobil Listrik


Melihat sumber daya minyak dunia sudah mulai menipis bahkan habis serta banyaknya permintaan atas kendaraan yang tidak menggunakan bahan bakar fosil sehingga ramah lingkungan, tentunya masa depan mobil listrik sangat cerah dan mobil listrik tentunya menjadi jawaban atas masalah tersebut dan mobil listrik juga  akan terus berkembang  karena akan terus dikembangkan dengan diberi  inovasi-inovasi dari masa kemasa, menurut saya, mobil listrik akan mendominasi dan akan menggeser penggunaaan mobil berbahan bakar fosil karena mahalnya BBM dan menipisnya cadangan minyak dunia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel