Pengertian Negara Maju, Ciri Dan Contohnya Lengkap

Hallo Agan...Negara maju adalah sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata. Kebanyakan negara dengan GDP per kapita tinggi dianggap negara berkembang. Namun beberapa negara telah mencapai GDP tinggi melalui eksploitasi sumber daya alam (seperti Nauru melalui pengambilan fosfor dan Brunei Darussalam melalui pengambilan minyak bumi) tanpa mengembangkan industri yang beragam, dan ekonomi berdasarkan-jasa tidak dianggap memiliki status 'negara maju'. Baca juga: Indikator negara berkembang dan negara maju

Istilah negar maju (developed country atau advance country) dipakai untuk mengelompokkan negar-negara yang berkembang dan maju secara ekonomi, dimana industri ketiga dan sektor industri keempat lebih mendominasi dari pada sektor industri yang lain.

Penting untuk diketahui, sektor industri pertama dalam kegiatan ekonomi meliputi kegiatan atau usaha mengubah sumber daya alam menjadi barang setengah jadi untuk industri. Kegiatan ekonomipada level ini umumnya meliputi sektor pertanian, agribisnis, kehutanan, dan pertambangan. Baca juga pengertian negara berkembang dan cirinya lengkap

Sektor industri kedua dalam kegiatan ekonomi meliputi kegiatan atau usaha mengolah barang setengah jadi yang dihasilkan pada kegiatan pertama untuk diolah lebih lanjut dan menghasilkan barang siap pakai, Yang termasuk dalam sektor ini adalah kegiatan manufaktur dan konstruksi.

Sektor industri ketiga lebih dikenal sebagai sektor jasa (industri jasa). Sektor ini umumnya meliputi kegiatan distribusi barang dan jasa yang dihasilkan dari sektor industri kedua di atas kepada konsumen.Kegiatan ekonomi lain yang dominan dalam sektor industri ketiga antara lain transportasi barang dan jasa, distribusi, penjualan partai besar, bisnis hiburan restoran pariwisata dan sebagainya. 

Sementara itu, sektor industri keempat merupakan kelanjutan dari sektor industri ketiga. Kegiatan industri pada level ini umumnya berhubungan dengan bisnis jasa (service) yang bersifat intelektual. Misalnya bisnis informasi dan komunikasi, konsultasi, pendidikan, penelitian dan pengembangan, kesehatan, kultur dan sebagainya.

Kegiatan ekonomi di negara maju yang didominasi oleh industri tingkat ketiga dan keempat itu akan memberikan pendapatan (income) yang tinggi. Penghasilan atau pendaptan yang tinggi tentu akan menentukan tingginya pendapatan perkapita (GNP perkapita), maupun tingginya indeks pertumbuhan manusia (HDI). Dengan kata lain, industri tingkat ketiga dan keempat yang dimiliki negara maju memposisikannya pada tingkat negara dengan pendapatan perkapita dan indeks pertumbuhan manusia yang tinggi.

Selain kata negara maju (developed country atau advanced country), orang-orang juga menggunakan kata negara industri (Industrialized country), negara yang lebih maju, negara yang lebih maju secara ekonomi dan negara pasca indutri. Baca juga: Pengertian Negara Utopia Lengkap

Contoh negara-negara yang termasuk kelompok negara maju:



Pengertian Negara Maju, Ciri Dan Contohnya Lengkap
negara maju ditandai dengan ciri warna biru
                                                  
Negara maju di bagian Uni Eropa:

Austria, Belgia, Denmark, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Irlandia, Italia, Luxemburg, Belanda, Portugal, Spanyol, Swedia, Britania Raya

Negara maju non-UE:

Andorra, Hongaria, Islandia, Liechtenstein, Monako, Norwegia, San Marino, Swiss, Vatikan

Negara maju yang bukan berasal dari Eropa:

Australia, Kanada, Korea Selatan, Hong Kong, Brunei Darussalam, Jepang, Kuwait
Selandia Baru, Singapura, Taiwan, Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, Qatar

Ciri-ciri negara maju:

1. Tingkat pertumbuhan penduduk relatif rendah.

2. Kualitas penduduk tinggi dan bersifat merata
3. Tingginya tingkat pendidikan

4. tingginya tingkat pendapatan penduduk ditandai dengan tingginya GNP dan pendapatan perkapita (sebagian besar penduduk bekerja di sektor industri dan jasa dan perdagangan, pendapatan mereka sangat merata)

5. Tingginya tingkat kesehatan penduduk  ditandai dengan tingginya angka harapan hidup dan rendahnya angka kematian bayi.

6. Teknologi berkembang dengan baik dan memilki kemajuan yang sangat pesat.

7. Sektor Industri menjadi tulang punggung perekonomian dan berkembang dengan pesat.

8. Pengolahan sumber daya alam dilakukan secara maksimal dengan bantuan tenaga ahli dan teknologi modern.

Demikian postingan tentang Pengertian Negara Maju, Ciri Dan Contohnya Lengkap semoga bermanfaat untuk Agan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel