Pengertian Negara Utopia Lengkap

Utopia merupakan suatu komunitas atau masyarakat khayalan dengan kualitas-kualitas yang sangat didambakan ataupun nyaris sempurna. Cita-cita utopis seringkali memberikan penekanan pada prinsip-prinsip egaliter kesetaraan dalam bidang ekonomi, pemerintahan, dan keadilan kendati tidak berarti secara eksklusif dengan metode dan struktur dari usulan implementasi yang bervariasi berdasarkan ideologi.


Pengertian Negara Utopia

Sedangkan negara merupakan organisasi atau lembaga tertinggi dari kelompok masyarakat yang terdiri dari sekumpulan orang di wilayah tertentu, memiliki cita-cita untuk hidup bersama, serta memiliki sistem pemerintahan yang berdaulat.

Jadi negara utopia adalah sebuah tempat dimana kelompok masyarakat atau keadaan yang harmonis dan sempurna, serta tidak ada kesenjangan. Baca juga: Pengertian Negara maju, ciri dan contohnya

Negara utopia memiliki kehidupan yang tanpa konflik, kesetaraan antar warga, pemerintahan yang jujur dan adil, kesehatan yang baik, tidak ada kelaparan dan kesengsaraan, serta tidak ada kejahatan maupun tindak kriminal sedikit pun.

Karakteristik dari Negara Utopia adalah:
  1. Kesetaraan antara warga
  2. Ada dewan atau suatu kelompok yang selalu mengedepankan kebaikan bersama.
  3. Selalu ada nuansa penuh harapan.
Sayangnya negara utopia tidak pernah ada di kehidupan nyata karena negara seperti utopia tidak mungkin terwujud. Baca juga: Pengertian negara berkembang, contoh, dan cirinya

Demikian artikel Pengertian Negara Utopia lengkap semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel