7 Fakta Menarik Macan Tutul

Hallo Agan...Macan tutul (bahasa Latin: Panthera pardus) adalah salah satu dari empat kucing besar. Hewan ini dikenal juga dengan sebutan harimau dahan karena kemampuannya memanjat. Pada mulanya, orang berpikiran bahwa macan tutul adalah hibrida dari singa dan harimau, sehingga muncul nama "leopard" di kalangan peneliti Eropa awal. Macan tutul jawa (P. p. melas) adalah fauna identitas Jawa Barat dan termasuk hewan yang terancam punah di Indonesia.

                                                    7 Fakta Top Tentang Macan Tutul

Macan tutul berukuran besar, dengan panjang tubuh antara satu sampai dua meter. Spesies ini pada umumnya memiliki bulu berwarna kuning kecoklatan dengan bintik-bintik berwarna hitam. Bintik hitam dikepalanya berukuran lebih kecil. Macan tutul betina serupa, dan berukuran lebih kecil dari jantan.

Daerah sebaran macan tutul adalah di benua Asia dan Afrika. Spesies ini sempat dianggap memiliki banyak anak jenis (lebih dari 30 subspesies) yang ditemukan di segala macam habitat, mulai dari hutan tropis, gurun, savanah, pegunungan dan daerah pemukiman, namun sekarang direduksi menjadi hanya sembilan setelah dilakukan pengujian molekuler.

Macan Tutul atau biasa kita sebut cheetah cenderung menjadi salah satu spesies kucing besar yang sangat dikenal diantara satwa liar lain. Karena cat kulit khusus mereka, mereka dikenal di hutan dan savana Afrika berbeda dengan cheetah, singa dan bahkan harimau. Panthers sebagai spesies yang sama dengan macan tutul pergi tanpa berkata. Ini adalah fitur khas utama tentang macan tutul orang umumnya menyadari. Dalam artikel ini beberapa fakta lain yang tertutup yang akan memberikan kontribusi untuk pengetahuan Anda tentang spesies macan tutul.

1. macan tutul adalah hewan yang penyendiri.

Tidak seperti singa atau harimau yang berburu dengan kelompok, macan tutul lebih suka berkeliaran di sekitar wilayahnya sendirian dan menunggu mangsa di malam hari. Ketangkasan keterampilan macan tutul tidak dapat dibandingkan dengan spesies liar lainnya; mereka dengan cepat menghabisi mangsanya dan kemudian diam-diam memakannya. Dengan Cakar kuat, seperti pisau, dia akan menyerang magsa dari atas pohon atau mengejarnya dan kemudian dibunuh oleh dengan cara merobek tenggorokan mangsanya. Jika macan tutul berhasil menangkap dan menghabisi mangsa buruannya, ia akan mencoba untuk menyeret bangkai mangsanya ke sebuah pohon dan makan di sana secara diam-diam, untuk menghindar agar mangsanya tidak diketahui daan direbut predator lainnya seperti singa atau hyena. biasa, macan tutul memburu antelop, rusa bahkan hewan lain seperti  babi hutan.

2. Harapan hidup Macan tutul

Macan tutul akan meninggalkan induk mereka pada usia dua tahun. Rata-rata usia harapan di antara spesies macan tutul adalah 13-15 tahun. Di Kebun Binatang, dan konservasi harapan hidup macan tutul dapat memperpanjang hingga 20 tahun bahkan lebih.

3. Warna kulit mereka bervariasi di daerah iklim yang berbeda

 Jadi, tidak benar jika mengklaim bahwa semua macan tutul sama meskipun rasio kontras penampilan macan tutul. Misalnya, macan tutul savannah memiliki bulu kuning atau oranye dan macan tutul yang hidup di gurun memiliki mantel ringan. Macan tutul yang hidup dalam kondisi dingin yang ekstrim memiliki rambut kelabu panjang dan macan tutul hutan tropis memiliki bulu keemasan . Bulu yang menutuoi Macan tutul dapat menjadi bulat atau bentuk persegi, yang sangat membantu untuk berkamuflase dengan lingkungan maka macan tutul akan menjadi kurang terlihat dan tidak disadari oleh mangsa.

4. Pendengaran Macan tutul 5 kali lebih tajam dari manusia

 Hal ini juga menarik untuk menggaris bawahi bahwa indra yang dimiliki macan tutul sangat hebat . Pertama-tama, pendengaran mereka lima kali lebih baik daripada manusia. Mereka bisa menggeram seperti singa, serta bergumam lirih seperti kucing liar.

5. Macan tutul adalah adalah spesies kucing besar terbesar 'yang dapat memanjat pohon dengan terampil


Macan tutul mungkin sering terlihat berada pada cabang-cabang pohon yang tinggi di mana mereka menyeret mangsanya dan memakannya. Selain itu, macan tutul sering turun dari batang pohon terbalik Selain itu, macan tutul dianggap salah satu dari 10 hewan paling terancam punah di dunia!

6. Macan tutul menyerang manusia

Pada umumnya, Macan Tutul menghindari manusia. Namun macan yang kurang sehat, kelaparan atau terluka sehingga tidak dapat berburu mangsa yang biasa, dapat memangsa manusia. Ada peristiwa mengenai seekor Macan Tutul jantan di Rudraprayag memangsa lebih dari 125 jiwa, dan seekor Macan Tutul betina yang disebut "Macan Tutul Panar" memangsa lebih dari 400 jiwa pada awal abad ke-20 di India.

7. Jumlah subsepesies macan tutul

Daerah sebaran macan tutul adalah di benua Asia dan Afrika. Spesies ini sempat dianggap memiliki banyak anakjenis (lebih dari 30 subspesies) yang ditemukan di segala macam habitat, mulai dari hutan tropis, gurun, savanah, pegunungan dan daerah pemukiman, namun sekarang direduksi menjadi hanya sembilan setelah dilakukan pengujian molekuler.

Demikian fakta-fakta tidak wah dari macan tutul yang saya sajikan semoga dapat menambah pengetahuan agan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel