Ternyata Burung Sangat Bergantung Pada Laba-Laba

Kita sering sekali melihat seekor hewan yang sering membuat jaring entah itu dipojokan rumah, pohon bahkan kendaraan yang sudah lama tak terpakai, dan yap, hewan itu adalah hewan yang memberikan Peter Parker kekuatan sehingga bisa menjadi superhero yang menolong orang banyak. Itulah hewan laba-laba. Bagi kita laba-laba mungkin hanya  dianggap sebagai pengotor ruangan rumah karena laba-laba membuat jaring-jaring secara sembarang di ruangan rumah kita tanpa ijin dahulu pada kita. Tetapi bagi burung-burung laba-laba adalah bagian yang sangat penting bagi kehidupan mereka, mengapa demikian?, Simak jawabannya dibawah ini!!!


                                            
Laba-laba sangat berperan besar bagi burung karena laba-laba, memberikan sumber protein yang penting dan konstan, terutama ketika burung sedang beranjak dewasa. Apakah Agan  tahu bahwa diperkirakan ada sekitar satu juta laba-laba per hektar tanah? Itu adalah sumber makanan besar untuk kelompok burung yang tentunya sangat menguntungkan burung karena burung tidak kesulitan mencari makan, belum lagi semua kumbang dan serangga lain yang diburu untuk dimakan oleh burung atau diberikan sebagai makanan kepada anak-anak mereka.

Bahkan di musim dingin pada saat laba-laba tidak menanmpakan diri dan jaringnya, burung masih mencari laba-laba yang telah terselip sendiri di bawah kulit pohon, dan berteduh di bawah sampah daun, atau bersembunyi di dalam bunga dan rumput benih. Kepala Laba-laba mengandung bahan rahasia yang  didambakan oleh burung-burung liar. Bahan yang didambakan itu adalah taurin yang merupakan asam amino yang mempengaruhi perkembangan bayi burung . Taurin membantu mereka tetap tenang ketika di sekitar mereka dalam kekacauan, selain itu taurin juga dapat memperbaiki penglihatan.


Manfaat lain dari taurin adala, meningkatkan kecerdasan! Burung liar telah belajar selama ribuan tahun dan telah mempelajari bahwa memberi makan laba-laba untuk bayi mereka, anak-anak mereka tumbuh menjadi lebih pintar dan lebih berani dari generasi sebelumnya. Istilah 'otak burung' sangat jika disematkan kepada burung liar.

Banyak burung passerine menggunakan sutra laba-laba sebagai lapisan lembut untuk sarang mereka. Burung Kolibri datang sebagai konsumen utama yang memanfaatkan  sutra/jaring  laba-laba untuk sarang mereka. Burung liar juga sering menangkap serangga lain seperti lalat,belalang dan kupu-kupu dari jaring laba-laba juga. Dalam hal itu, jaring seperti toko-toko segala macam kebutuhan dari sarang sampai makanan yang sangat menguntungkan burung-burung liar.

Karena jaring memiliki sifat yang lengket, maka jaring-jaring digunakan oleh burung-burung liar sebagai lem untuk memperkuat sarang burung dan agar sarang burung merekat di cabang pohon. Kamuflase luar sarang menjadi sangat sempurna karena ditambah lumut, daun kering, dll untuk konstruksi sarang mereka. Sarang kemudian berbaur dengan latar belakang lingkungan tempat mereka hidup dan sangat efisien serta telah membantu membuat bayi burung terhindar dari predator.

Jika kita melihat fakta-fakta diatas banyak laba-laba yang mungkin mencaci sebagian besar dari kita manusia karena melarang mereka,untuk membangun jaring dirumah kita. Selain itu , laba-laba tentunya juga mencaci kelakuan para burung liar yang telah menjadikan mereka sebagai sumber makanan dan memanfaatkan jaring yang sudah mereka buat dengan susah payah dengan semena-mena seperti para pejabat Negara yang korup. Laba-laba bagi burung adalah makanan super, makanan ringan cepat, dan sumber bahan konstruksi sarang.  

Jika kita menemui laba-laba di dalam rumah atau dimananpun lebih baik Jangan membunuh mereka karena agan dapat mengambil sumber makanan yang sangat berharga bagi burung dan menyebabkan kerusakan ekosistem.



Sekian dari saya gan, marilah menghargai makhluk hidup di sekitar kita walaupun itu hanya serangga kecil seperti laba-laba karena laba-laba walaupun kecil tapi sangat berguna bagi makhluk lain.