Fakta-Fakta Hewan Koala Yang Lucu

 Koala (Phascolarctos cinereus) adalah salah satu binatang berkantung (marsupial) khas dari Australia dan merupakan wakil satu-satunya dari keluarga Phascolarctidae.
Pada umumnya, banyak dikatakan bahwa kata koala berasal dari bahasa Australia pribumi yang berarti tidak minum. Koala sebenarnya minum air tetapi sangat jarang karena makanannya, daun ekaliptus, sudah mengandung cukup air sehingga koala tidak perlu turun dari pohon untuk minum.


                                                      Fakta-Fakta Hewan Koala Yang Lucu


1. Koala dapat ditemukan di sepanjang pesisir timur Australia mulai dari Adelaide sampai ke Semenanjung Cape York, dan sampai jauh ke pedalaman karena ada curah hujan yang cukup untuk mendukung hutan yang cocok bagi koala.Menariknya tidak ada koala di Australia barat, Nothern territory atau di Tasmania.

2. Koala di bagian selatan Australia umumnya jauh lebih besar daripada koala dibagian utara. Koala cenderung memiliki bulu yang tebal menyerupai mantel agar tetap hangat di musim dingin. Koala queenslan cenderung lebih kecil ukurannya dan bulunya juga tidak terlalu lebat.                                                      

3. Makanan pokok Koala adalah  daun ekaliptus (Eucalyptus).Daun ekaliptus adalah daun  yang mengandung protein dalam jumlah rendah, zat tak tercerna dalam kadar tinggi, dan mengandung senyawa fenol dan terpena yang beracun bagi spesies lain. Seperti wombat dan kukang.

4. Ada banyak jenis atau varietas yang berbeda dari pohon ekaliptus dan hanya beberapa jenis saja yang dimakan koala. Daun ekaliptus sulit untuk dikunyah, tinggi serat dan rendah protein. Seiring dengan tingkat metabolisme yang rendah koala harus menghemat energi dan melakukan hal ini dengan tidur 19-20 jam sehari. Kumudia bagun selama 3-5 jam saja untuk mencari makan kemudian tidur lagi.

5. Koala makan tidak tergantung waktu, tetapi biasanya pada malam hari. Koala umumnya memakan 500 gram daun eucalyptus per hari, mengunyah mereka sampai menjadi pasta yang halus sebelum menelannya. Hatinya memisahkan bahan beracun dan siap untuk dibuang, dan "hind gut"nya (terutama caecum) lebih besar untuk mengambil jumlah nutrisi maksimum dari makanan yang berkualitas rendah.

6. Koala berkomunikasi dengan cara berteriak satu sama lain dan meskipun tampaknya koala adalah makhluk jinak yang hangat dipeluk , mereka bisa cukup ganas jika diganggu.
Koala memiliki gigi dan cakar yang membantu dalam pendakian dan mengunyah makanan keras yang mereka butuhkan tajam. Jarang mereka minum air, meskipun akan melakukannya jika benar-benar diperlukan.

7. Musim kawin Koala terjadi selama Australia memasuki musim semi atau musim panas dari sekitar bulan September sampai Maret.

8. Masa Kehamilan koala adalah 35 hari, di mana anak koala yang masih kecil lahir buta dan tanpa bulu. Itu membuat jalan ke kantong menghadap ke belakang di mana ia akan mendapatkan nutrisi dari 2 kelenjar susu untuk 6 bulan ke depan. Bayi akan membuat jalan mereka keluar dari kantong sekitar 8 bulan dan melekat ke punggung ibunya. Kadang-kadang koala akan memiliki off perut ibunya. Bayi sepenuhnya disapih pada 12 bulan.

9. Koala bisa bersama dengan ibu mereka selama sekitar 3 tahun atau sampai bayi lain lahir.


Sayangnya populasi koala yang menurun, terutama karena urbanisasi yang telah menyebabkan kerusakan habitatnya. Meskipun koala sekarang diakui sebagai 'rentan' oleh pemerintah Australia, habitatnya tidak dilindungi.