10 Fakta Menarik Tentang Lebah Madu

Hallo agan…Agan suka dengan madu? Jika suka, berarti Agan hewan tau yang mengolah sari bunga menjadi madu dong? Betul gan,hewan yang mengolah serbuk bunga menjadi madu yang manis dan memilki sejuta manfaat ini mempunyai fakta menarik lo gan!!! 

10 Fakta Menarik Tentang Lebah Madu

Ada sekitar 20.000 spesies lebah yang dikenal. Hanya tujuh dari mereka diakui sebagai spesies lebah madu, meskipun ada total 44 subspesies. Mereka dibeda-bedakankan berdasarkan produksi dan penyimpanan madu, bersama dengan pembangunan abadi, sarang kolonial lebah madu terbuat dari lilin.

1. Lebah madu tampaknya berasal dari Selatan dan Asia Tenggara, seperti semua kecuali satu spesies asli ke wilayah itu. Sebagian besar spesies lebah madu telah dibudidayakan untuk memproduksi madu dan lilin lebah, dengan hanya dua spesies yang benar-benar dijinakkan yang sering diternakan.

2. Hanya ada satu spesies fosil didokumentasikan lebah madu yaitu 'Apis Nearctica' satu spesimen yang telah berusia 14 juta tahun ditemukan di Nevada.

3. Tidak ada lebah madu yang asli dari Utara atau Amerika Selatan. Kolonis Eropa membawa lebah gelap ke Amerika, diikuti kemudian oleh pengenalan lebah Italia.

4. Lebah madu Africanized yang lebih dikenal pada bahasa sehari-hari sebagai 'lebah pembunuh'. Lebah pembunuh ini adalah campuran antara lebah Eropa dan salah satu subspesies Afrika. Mereka lebih tahan terhadap penyakit dan menjadi pengumpul madu yang lebih baik. Kawanan kecil lebah madu Africanized mengambil alih sarang madu Eropa dengan menyerang sarang, membunuh ratu dan merawat ratu mereka sendiri.

5. Dua spesies lebah yang digunakan oleh peternak lebah - 'A. Mellifera 'dan' A. Cerana '. Mereka dipelihara, diberi makan dan diangkut oleh peternak lebah dari lapangan ke lapangan untuk digunakan sebagai penyerbukan tanaman.

6. Colony Collapse Disorder (CCD) adalah nama yang diberikan kepada abnormal tinggi die-off dari koloni lebah madu Eropa. Bukti penelitian menunjukkan ini adalah 'sindrom', daripada 'penyakit', seperti yang disebabkan oleh kombinasi faktor termasuk gangguan produksi protein dalam sel lebah madu.

7. Sebuah koloni lebah hanya terdiri dari satu ratu lebah, bersama dengan beberapa ribu lebah pekerja laki, lebah pejantan laki-laki dan penduduk musiman variabel steril serta lebah pekerja perempuan.

8. Ratu lebah dapat memilih meletakkan telur sat akan dibuahi. Biasanya tergantung pada apa yang sel dia meletakkan telur dalam telur tidak dibuahi berkembang menjadi lebah-lebah baru yaitu sebagai pejantan, pekerja perempuan atau Ratu lebah.

9. Larva yang awalnya diberi makan dengan royal jelly. Hal ini diproduksi oleh lebah pekerja dan disekresikan dari kelenjar di faring mereka. Kemudian ini beralih ke serbuk sari dan madu, kecuali dalam kasus larva ditakdirkan untuk menjadi Ratu lebah - mereka diberi royal jelly sepanjang hidup mereka tumbuh.

10. Lebah pekerja muda membersihkan sarang dan memberi makan larva. Ketika mereka mendapatkan lebih tua mereka kemajuan ke lain dalam koloni-tugas, termasuk menjaga sarang sebelum akhirnya menghabiskan sisa hidupnya sebagai penjelajah.

Demikian 10 fakta menarik tentang lebah madu semoga dapat memperluas pengetahuan Agan.