Tips Mudah Untuk Belajar Bermain Gitar

Hallo Agan..Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum. Gitar terbentuk atas sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam didempetkan. Gitar secara tradisional dibentuk dari berbagai jenis kayu dengan senar yang terbuat dari nilon maupun baja. Beberapa gitar modern dibuat dari material polikarbonat. Secara umum, gitar terbagi atas 2 jenis: akustik dan elektrik.

Tips Mudah Untuk Belajar Bermain Gitar

Gitar akustik, dengan bagian badannya yang berlubang (hollow body), telah digunakan selama ribuan tahun. Terdapat tiga jenis utama gitar akustik modern: gitar akustik senar-nilon, gitar akustik senar-baja, dan gitar archtop. Gitar klasik umumnya dimainkan sebagai instrumen solo menggunakan teknik fingerpicking komprehensif.

Gitar elektrik, diperkenalkan pada tahun 1930an, bergantung pada penguat yang secara elektronik mampu memanipulasi bunyi gitar. Pada permulaan penggunaannya, gitar elektrik menggunakan badan berlubang (hollow body), namun kemudian penggunaan badan padat (solid body) dirasa lebih sesuai. Gitar elektrik terkenal luas sebagai instrumen utama pada berbagai genre musik seperti blues, country, reggae, jazz, metal, rock, dan berbagai bentuk musik pop.

Nah setelah mengetahui apa itu gitar, berikut ini merupakan tips mudah untuk belajar bermain gitar.

Belajar bermain gitar mengharuskan Agan melakukukan banyak usaha, waktu dan banyak kesabaran. Berikut adalah 5 tips mudah untuk belajar gitar. Jadi, ketika Agan memutuskan untuk belajar dan menguasai gitar, ikuti tips dan lanjutkan menggitar.

1. Cari Guru untuk belajar

Pertama-tama, Agan perlu memutuskan apakah Agan ingin seorang guru gitar pribadi atau Agan ingin membaca buku dan belajar gitar secara otodidak atau apakah Agan ingin menggunakan berbagai program belajar gitar yang tersedia, yang menawarkan Agan dengan kombinasi audio bantu visual dan tekstual untuk mengajarkan Agan cara bermain gitar. Jadi, memutuskan untuk diri sendiri jenis guru apa yang Anda inginkan.

2. Konsisten dalam belajar

Sangat sering, peserta didik ingin belajar sesuatu (katakanlah Jazz, dalam rangka untuk belajar bagaimana untuk meramaikan lagu yang Anda tahu melalui 'comping') tetapi mereka akhirnya belajar sesuatu yang lain ( mengatakan satu set akord, skala dan interval), yang mereka gagal untuk menyusun dan menerapkan. Jadi, masih ada kesenjangan besar antara apa yang akan pelajari dan apa yang akhirnya Agan pelajari. Situasi seperti ini harus dihindari dengan segala cara, jika tidak, Agan akan kehilangan minat dan motivasi untuk belajar bermain gitar.

3.  Siapkan mental yang kuat

Bekerja keras tapi tetap harapan Anda rendah untuk menghindari frustrasi, yang begitu umum di kalangan pemula yang terlalu kecewa dengan tarif mereka lambatnya kemajuan.

4. Praktek Latihan ingatang jari setiap hari

 Untuk bermain gitar, jari-jari Anda harus sangat lincah dan fleksibel. Anda perlu berlatih latihan memori otot jari sehari-hari dalam rangka meningkatkan kekuatan jari Anda dan ketangkasan dan juga untuk memungkinkan pembentukan kalus baik di ujung jari Anda, yang akan memfasilitasi lebih mudah dan tidak menyakitkan bermain gitar.

5. Praktek teratur menerapkan dasar-dasar gitar Anda belajar

 Sangat bijaksana untuk berlatih gitar secara teratur baik sendiri atau dalam kelompok (akan lebih baik jika sebuah band). Hanya menonton gitaris mahir lainnya bermain juga sangat membantu dalam mengajar Anda berbagai transisi akord. Jadi, mendapatkan diri Agan beberapa DVD gitar dan menonton tangan dan jari gerakan ahli saat mereka bermain gitar.

Jamming bersama dengan lagu-lagu, berlatih ritme salah satu atau lead guitar adalah pilihan yang sangat baik, sampai Anda menjadi nyaman bermain setiap lagu pada gitar Anda dengan sempurna dan dengan cara yang mudah.

Demikian dari ane gan seoga bermanfaat jangan lupa untuk selalu bernapas dan shalat 5 waktu.