Cara Mudah Update Windows 8 untuk Pemula

Cara Mudah Update Windows 8 – ada dua cara yang bisa anda lakukan ketika anda ingin update Windows 8 yakni dengan online dan offline. Untuk update keduanya, caranya pun cukup mudah da tidak berbelit-belit. Pembaharuan windows 8 dan juga seri lainnya pun juga harus dilakukan secara berkala agar computer anda bisa berjalan dengan baik dan tidak ada bugs

Cara Mudah Update Windows 8 untuk Pemula

Microsoft biasanya merilis update untuk Windows 8 pada hari Selasa minggu kedua setiap bulannya. Namun waktunya bisa berubah ketika memang ada update yang dirasa penting untuk segera dirilis. 

Langsung saja! Mari kita bahas cara mudah update windows 8 baik melalui Windows Update online maupun dengan offline.

Cara Update Windows  8 lewat Windows Update (Online)

Cara update melalui Windows Update ini memang merupakan cara yang paling direkomendasikan, khususnya dari perusahaan pengembangnya, Microsoft.

Bagaimana langkah-langkahnya? Simak baik-baik ya!

1. Pergi ke menu settings atau bisa juga menggunakan shortcut kombinasi antara windows + I pada keyboard anda.

2. Pilih “Change PC Settings” letaknya berada di bagian bawah menu pengaturan

3. Klik “Windows Update” pada menu pengaturan computer (letaknya di bagian kiri bawah)

4. Klik “Check for updates now” setelah anda klik, maka muncul dialog Windows Update di bagian kanan

5. Pilih “Check for updates now” cek apakah tersedia update windows untuk perangkat computer anda. tunggu beberapa saat hingga pilihan update muncul semua.

6. Setelah anda memastikan bahwa tersedia pembaruan, maka anda tinggal klik “Install”

7. Pada pilihan “Install” tersebut nantinya akan ada pilihan apakah important updates ( pembaruan penting) atau optional updates ( pembaruan pilihan). Pilih yang sesuai dengan kebutuhan anda.

8. Klik file yang akan dilakukan update dan proses update akan berjalan secara otomatis.

9. Tunggu hingga update Windows 8 lengkap dan berhasil.

10. Setelah pembaruan sukses, akan muncul pemberitahuan untuk restart computer anda, maka pilih restart agar update windows lengkap.

11. Klik “Restart Now” saat itu juga karena jika tidak segera anda restart maka pembaharuan otomatis dilakukan selang dua hari.

12. Tunggu hingga muncul setting update. Jika anda langsung melakukan restart, maka setting update akan dilakukan secara otomatis.

Pastikan ketika proses update Windows 8 berjalan, anda tidak mematikan computer agar proses update bisa lengkap dan hasilnya sempurna. Cukup tunggu saja hingga proses update selesai dan computer akan melakukan reboot secara otomatis.

Nah, langkah-langkah di atas merupakan cara update Windows 8 melalui Windows Update atau online. Selain cara di atas, anda juga bisa melakukan cara update dengan offline. Bagaimana langkah-langkahnya? Langsung saja yuk simak ulasannya dibawah ini:

Cara Update Windows 8 Offline

Selain menggunakan cara online, anda juga melakukan update Windows 8 bisa dilakukan secara online. Terlebih dulu, anda harus install file update windows 8 dulu kemudian baru bisa diinstal secara manual. Cara ini memang yang paling tepat, bagi anda yang mempunyai masalah dengan koneksi internet anda.

Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Unduh file update Windows 8
Bisa unduh file update dari situs resmi Microsoft baik itu update Windows 8 atau 8.1. oh ya, pastikan anda download file yang sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan.

Sebagai contoh nih ya, misalnya anda menggunakan Windows 8.1 versi 32 bit, maka anda bisa mengunduh file Windows 8.1 x86. Sementara itu, jika anda menggunakan Windows 64 bit, maka anda bisa download file update Windows 8.1 x64.

Jangan sampai salah ya, pastikan sesuai dengan spesifikasi windows anda. 



2. Instal File Update
Setelah file update telah terunduh, maka langkah selanjutnya ialah instal atau pasang file update tersebut. perlu diingat bahwa ketika anda akan instal file pembaruan tersebut harus satu per satu dan urut.

Urutan file pembaruan untuk Windows 8.1, umumnya dimulai dari file KB2919442, kemudian diikuti dengan file KB2919355, KB2932046, KB2937592, KB2938439, dan KB2934018 . Harus urut ya!

Agar anda lebih mudah melakukan pemasangan, maka setiap kali pemasangan file update lebih baik komputernya di reboot. Pembaruan di atas sudah dibuktikan pada windows 8.1, sementara untuk windows 8 belum pernah diuji. Namun, untuk windows 8 memang disarankan untuk dilakukan update melalui fitur Windows Update, seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Cara Update Windows 8 ke Windows 8.1

Jika masih menggunakan Windows 8, maka sebaiknya update dulu ke windows 8.1. meskipun kedua jenis platform tersebut mempunyai banyak kesamaan. Hanya ada beberapa fitur penyempurnaan yang dikembangkan dari windows sebelumnya.
Namun perlu diingat juga sebelum anda upgrade ke windows 8.1, pastikan anda telah melakukan pembaruan Windows 8 terlebih dulu. Setelah di update dan di upgrade, maka anda bisa melakukan tahapan berikut ini: 

  1. Buka Menu Store
Setelah computer anda sudah terkoneksi dengan internet, maka langkah selanjutnya ialah dengan membuka menu store. Pastikan ya, koneksi internet anda lancar dan stabil.
  1. Setelah menu store terbuka, maka langkah selanjutnya upgrade Windows 8 ke 8.1
  2. Kemudian, ada menu unduh file upgrade dengan besar 3.63 GB. Cukup besar, maka membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil.
  3. Unduh hingga semua file lengkap. Selama mengunduh anda masih bisa menggunakan computer seperti biasa. Biasanya setelah unduhan lengkap, ada perintah untuk me-restart computer. Nah, jika anda sedang mengerjakan sesuatu, maka jangan lupa untuk menyimpannya terlebih dulu sebelum restart.
  4. Centang atau setujui lisensi terms. Sebelum klik “I Accept” bisa membaca kententuannya terlebih dulu.
  5. Setelah itu, anda bisa memilih “Use Express Settings”, jika anda ingin melakukan pengubahan pada Windows bisa memilih “Customize”.  Setelah itu, anda harus masukkan password dan menentukan pilihan apakah anda akan menggunakan akun SkyDrive atau tidak. Skydrive ini merupakan penyimpanan cloud yang sudah terintegrasi dengan Windows 8.1
  6. Tunggu hingga proses selesai.
  7. Jika anda mendapati tampilan awal khas Windows 8.1, maka hal tersebut sudah menandakan bahwa update windows 8 sudah berhasil.
Yuph, di atas merupakan cara mudah update Windows 8 yang bisa anda lakukan sendiri. Sekalipun Microsoft sudah mengeluarkan platform terbarunya, namun ternyata yang menggunakan Windows 8 ini masih banyak.
Sebenarnya step by step update windows 8 di atas  cukup mudah diikuti terlebih jika anda menggunakan fitur Windows Update. Hanya saja memang butuh koneksi internet yang cepat dan juga stabil. Updating windows 8 memang dibutuhkan untuk mengantisipasi adanya bug dan masalah yang lainnya. Terlebih ketika anda ingin instal aplikasi-aplikasi baru agar support dan bisa dijalankan dengan normal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel