Ternak Belatung Lalat Hitam dan Manfaatnya untuk Budidaya Ikan

Belatung atau Maggot dianggap hewan yang menjijikkan karena sering ditemukan di tempat-tempat kotor. Namun belatung yang satu ini punya nilai ekonomis dan jadi solusi untuk budidaya ikan.

Jenis lalat dan maggot yang dibudidayakan yakni jenis lalat black soldier fly (BSF) dengan ssbutan latin  Hermetia Illucens.   Lalat BSF ini bentuknya lebih panjang dari lalat biasa. Maggot sendiri biasanya banyak dicari para peternak unggas maupun ikan sebagai campuran pakan.

Ternak Belatung Lalat Hitam dan Manfaatnya untuk Budidaya Ikan

Maggot juga sangat efektif menekan biaya pakan. Komponen biaya dalam pemeliharaan ikan dan ternak terbesar adalah pakan.

Dari keseluruhan biaya yang dikeluarkan dalam satu kali pemeliharaan ikan atau ternak hingga panen, pakan menyedot biaya hingga 70 persen. Sebab itu, peternak kerap rugi jika seluruh kebutuhan pakan dicukupi dengan pakan buatan pabrik.

Maggot adalah alternatif menciptakan pakan murah di tengah harga pakan pabrikan yang semakin tak terjangkau peternak. Kandungan protein dan mineral yang tinggi juga menjadi jaminan ternak cepat besar dan bisa memangkas waktu panen. Selain dimanfaatkan sebagai pakan ternak, bekas pakan maggot yang terdiri dari serasah padi, buah-buahan atau sayur busuk bisa dimanfaatkan sebagai sumber kompos atau pupuk organ


Dari segi  ekonomi budidaya maggot dapat mendatangkan pundi-pundi  Rupiah bayangkan saja telur BSF dapat dijual dengan harga Rp. 10.000/10 Gram, tentunya sangat prospektif bila dilihat dari segi bisnis sangan menggiurkan  apbila melihat cara budidaya dan bahan yang sangat sederhana. maggot juga dapat dijadikan solusi bagi pemasalahan lingkungan karena maggot  dapat cmengurai limbah baik organik maupun plastik.

Untuk mengetahui lebih lanjut soal ternak maggot ini bisa langsung cek saja video dari chanel YouTube Belajar Hobi di bawah ini dan jangan lupa Subcribe juga. Terima Kasih
 

Demikian artikel Ternak Belatung Lalat Hitam dan Manfaatnya untuk Budidaya Ikan semoga bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel