Gaya Hidup Sehat Saat Hamil

Pola hidup sehat adalah upaya seseorang untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat. Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, olahraga secara rutin, dan istirahat yang cukup.


Gaya Hidup Sehat Saat Hamil

Pola hidup sehat tentunya harus diterapkan oleh seluruh masyarakat termasuk ibu hamil. Hal ini dilakukan untuk menanggulangi segala macam risiko ataupun kelainan saat kehamilan berlangsung. Banyak kebiasaan yang tidak sehat disekitar ibu hamil seperti merokok, begadang, hingga bermalas-malasan. Kebiasaan tentunya berdampak buruk pada janin, berikut adalah gaya hidup sehat untuk ibu hamil.

1. Makan Makanan yang Bergizi
Ibu hamil harus memenuhi kebutuhan gizi dengan hidup sehat. Hidup sehat ditandai dengan makan makanan bergizi untuk tubuh yang lebih bugar. Perlu diingat, makanan yang dikonsumsi ibu hamil akan dikonsumsi oleh janin pada perut. Baca juga: Asupan penting di awal kehamilan agar masa depan anak cerah.

2. Jangan Mengkonsumsi Kafein dan Alkohol
Kafein dan alkohol merupakan kandungan yang harus dihindari pada masa kehamilan. Kandungan ini biasanya terdapat pada kopi, teh, minuman bersoda, dan minuman keras. Dua kandungan ini bisa mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan janin jika terus menerus dikonsumsi. Maka dari itu Anda harus menjauhi dua kandungan ini untuk memenuhi kebutuhan gizi janin.

3. Jangan Melakukan Olahraga Ekstrim
Ibu hamil sebenarnya perlu melakukan olahraga untuk membuat tubuh menjadi rileks dan segar. Namun, ada yang perlu diingat, selama masa kehamilan perhatikan jenis olahraga yang akan dilakukan. Jangan sampai Anda melakukan hiking ke gunung pada masa hamil tujuh bulan ya! Cukup ikuti senam ringan untuk ibu hamil yang diselenggarakan oleh beberapa sanggar.

4. Tidur yang Berkualitas
Tidur merupakan upaya yang penting untuk memenuhi kondisi tubuh stabil pada masa kehamilan. Tidur yang berkualitas adalah kunci untuk mendapatkan tubuh yang rileks dan stabil. Tidur juga mampu menanggulangi kelainan pada tubuh seperti rhinitis. Baca juga: Gejala rhinitis dan cara penanganannya untuk ciri-ciri gejalanya

5. Makan Kacang Almond
Kacang almond merupakan makanan yang lezat dan kaya akan vitamin E, B2, B9, serta protein dan serat yang baik untuk pemenuhan gizi janin Anda. Kacang almond juga mampu menjadi penambah energi pada tubuh, dan mampu berfungsi untuk menguatkan tulang. Kacang almond juga mampu melancarkan pencernaan dan mendukung gaya hidup sehat Anda.

Demikian artikel Gaya Hidup Sehat Saat Hamil semoga bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel