Tanda Lemari Es Menjadi Tempat Sarang Bakteri

Riset menunjukkan bahwa ternyata kulkas justru menjadi salah satu tempat pertumbuhan bakteri tertinggi di dapur. Oleh karenanya, kini banyak orang yang beralih memilih lemari es anti bakteri dikarenakan lebih higienis menjaga kesehatan makanan. 

Tanda Lemari Es Menjadi Tempat Sarang Bakteri

Meski begitu, baik anti bakteri atau bukan, tentu Anda harus rajin membersihkan kulkas. Jika Anda menemukan bahwa kulkas Anda telah memiliki ciri-ciri berikut, maka segeralah membersihkan kulkas Anda. 

Tanda Kulkas Tidak Steril

• Kulkas mengeluarkan bau tak sedap
Kulkas yang mengeluarkan bau tidak sedap menjadi salah satu ciri-ciri utama yang menunjukkan bahwa kulkas tersebut tidak lagi steril. Bau tidak sedap ini sendiri bisa jadi timbul dari sisa makanan yang telah rusak namun tetap disimpan di kulkas. Makanan rusak ini menjadi sarang bagi ribuan bakteri di dalamnya. Selain itu, jamur juga bisa tumbuh di dalam kulkas. Alhasil, kulkas pun mengeluarkan bau tidak sedap.

• Kulkas menjadi lembab berair
Bagian dalam kulkas seperti rak makanan sudah seharusnya dalam kondisi kering dan bersih. Namun, ada kalanya rak ataupun dinding kulkas ini menjadi lembab dan berair. Apabila Anda menemukan kulkas Anda dalam kondisi lembab dan berair, maka segeralah bersihkan kulkas.

Tips Menjaga Lemari Es dari Infeksi Bakteri

• Bersihkan rutin
Menurut pakar kesehatan, Anda disarankan untuk rutin membersihkan lemari es, setidaknya setiap satu maupun dua minggu sekali. Bersihkan hingga ke semua rak dan lap dinding kulkas agar kotoran menghilang.

• Segera lap tumpahan makanan
Kulkas seringkali terkena tumpahan makanan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera mengelap tumpahan makanan ini agar tidak menjadi sarang bakteri. Bakteri yang sering tumbuh dari tumpahan makanan ini adalah Listeria yang memang dapat tumbuh di suhu dingin.

Untuk meningkatkan pengamanan pada keluarga, ada baiknya jika Anda beralih menggunakan kulkas anti bakteri dari Panasonic Prime Fresh NRBB211Q. Panasonic Prime Fresh telah dilengkapi oleh filter properti anti bakteri dan juga jamur. Sehingga kontaminasi jamur dan bakteri di dalam makanan juga dapat dicegah. 

Demkian artikel Tanda Lemari Es Menjadi Tempat Sarang Bakteri semoga bisa bermafaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel