Tips P3K Untuk Menangani Luka Pada Anak


Anak memiliki tingkat aktivitas yang cukup tinggi, namun belum memiliki tingkat keseimbangan yang matang. Hal inilah yang membuatnya rentan dan mudah untuk terjatuh. Banyak kegiatan yang sangat beresiko membuatnya terjatuh, sehingga para orangtua harus sedia obat luka jatuh pada anak untuk mengatasi berbagai hal yang tidak diinginkan. Berikut tips P3K yang dapat diketahui para orangtua. 

Tips P3K Untuk Menangani Luka Pada Anak

Tips P3K Untuk Orangtua yang dapat diterapkan kepada anaknya.

1. Jatuh Keseleo atau Terpeleset

Bukan hal yang baru lagi jika anak sering jatuh, keseleo atau bahkan terpeleset. Dalam hal ini, anda dapat melakukan penanganan menggunakan obat luka jatuh cepat kering. Namun perhatikan, apakah kulit luka si anak terluka atau terbuka. Anda dapat membersihkan area yang terluka lalu dapat menutupnya dengan plester. 

Perhatikan juga apakah luka yang dimiliki sang anak mengalami pembengkakan atau tidak, dalam hal ini anda dapat mengompresnya dengan menggunakan air dingin atau air es. Dengan cara ini, bengkak akan mereda dan meringankan nyeri yang dialami oleh anak. 

2. Luka Potong Kecil

Jika anak anda tidak sengaja memiliki luka potong kecil, dalam hal ini anda dapat membersihkan luka yang dimilikinya di bawah air mengalir. Hal ini dapat anda lakukan dengan menghentikan darah yang keluar, dengan menekan secara lembut pada luka yang dimiliki anak. Jangan lupa untuk menambahkan larutan antiseptic, lalu menutupnya dengan plester lucu agar disukai anak. 

Namun perlu diperhatikan, tetaplah menggunakan plester yang memiliki ukuran yang sebanding dengan ukuran luka yang dimiliki. Dalam hal ini, anda juga dapat memilih plester yang tahan terhadap air. Jangan lupa untuk mengganti plester yang sudah basah dan kotor untuk menghindari berkembangnya bakteri dan kuman. 

3. Luka Terkena Serpihan Tajam

Untuk menangani hal ini, jangan lupa untuk menseterilkan jarum yang nantinya akan anda gunakan untuk mengangkat serpihan tajam. Anda juga harus membersihkan daerah kulit, yang ada di sekitar luka yang dimiliki oleh sang anak. Perhatikan apakah sudah terjadi infeksi atau belum, jika sekiranya sudah maka akan lebih baik jika di konsultasikan bersama dengan dokter. 

Setelah nantinya serpihan berhasil diangkat, anda dapat membersihkan area yang terluka. Pastikan bahwa tidak akan terkena kuman kembali, lalu keringkan luka dengan menggunakan bantuan plester. 

Demikian artikel Tips P3K Untuk Menangani Luka Pada Anak semoga bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel