Pengertian Google Stadia, Layanan Streaming Game dari Google

Google telah memasuki ranah bisnis dunia game dengan melancarkan layanan yang bernama Google Stadia. Google Stadia adalah layanan streaming game dari google yang membuat kita dapat bermain game dalam perangkat apapun entah itu PC, Android, Tablet, TV atau Komputer selama perangkat tersebut dapat terkoneksi dengan internet yang memadai.


Pengertian Google Stadia, Layanan Streaming Game Google
image by: gamenewsplus.net
Google stadia membuat kita dapat memainkan game apapun entah itu game ringan atau berat asalkan layanan internet kita memadai. Sebagai layanan berbasis cloud, Google Stadia dapat memainkan game-game baik ringan maupun berat tanpa kendala karena semua pemrosesan grafis dan lainnya dilakukan di server yang dipakai oleh penyedia jasa dengan komputer jarak jauh, dalam hal ini Stadia.

Pemain dapat log in dan masuk dari perangkat apapun menggunakan browser Google Chrome, perangkat Chromecast atau ponsel atau tablet Google Pixel dan memainkan game yang sama di semua layar tersebut, dengan semua komputasi yang dilakukan oleh server Google bukannya konsol game.


Ini berarti bahwa para pemain tidak harus membeli sebuah kotak portable yang berada di bawah TV hanya untuk bermain game, secara teoritis membuat game dapat dimainkan tanpa tambahan dari hardware sama sekali.

Fitur Google Stadia lainnya yang patut disorot meliputi:

Google asistent support: Bayangkan Anda sedang stuck saat bermain dan butuh bantuan. Tanya saja  Google Asisten dan google asisten aka memberi saran bahkan video tutorial.

State Share: Berbagi adalahsalah satu fitur terpenting Stadia. Google Stadia terintregasi dengan Youtube sehingga anda para youtuber dapat mengupload dan membagikan momen-momen saat anda bermain game dengan mudah.

Google belum mengumumkan harga dari layanan ini, tetapi kemungkinan layanan tersebut akan berbasis langganan. Layanan ini diharapkan akan diluncurkan pada 2019 nanti di AS, Kanada, Inggris, dan "sebagian besar Eropa" nanti.

Kendala Google stadia di Indonesia

Menurut Google, kecepatan minimal yang mereka sarankan adalah 25 - 30 Mbps. Mengingat kecepatan rata-rata internet Indonesia yang di bawah 10 Mbps, rasanya sulit membayangkan kita akan bisa menikmati game yang mulus dan tidak patah-patah.

Sepertinya main game di Google Stadia juga akan memakan biaya yang lumayan besar karena kita harus sering daftar paket internet dengan kuota besar. Dan untuk yang punya broadband di rumah, walaupun katanya unlimited, tetap saja ada batasan FUP-nya. Nanti lagi seru-serunya, tiba-tiba speed koneksi kita terputus atau dibatasi dan game jadi lag parah sampai tidak bisa dimainkan lagi.

 Mungkin dalam waktu dekat Google Stadia belum akan dirilis untuk Pasar Indonesia.

Demikian artikel Pengertian Google Stadia, Layanan Streaming Game dari Google semoga bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel