Pengertian Domain dan Hosting Website

Untuk membuat sebuah website yang profesional, Anda harus memiliki nama domain dan web hosting. Tapi apa itu domainnya? Apa itu hosting web? Apa bedanya? Apakah domain dan hosting memiliki arti yang sama?
Pengertian Domain dan Hosting Website

Penting bagi Anda untuk mengetahui perbedaan domain dan hosting sebelum melanjutkan untuk membuat sebuah website pertama anda.

Pengertian domain Website

Domain adalah alamat situs web Anda. Sebelum Anda dapat membuat situs web, Anda memerlukan domain. Ibarat jika website anda adalah sebuah rumah maka nama domain adalah alamatnya

Nama domain bukanlah sesuatu yang fisik yang dapat Anda sentuh atau lihat. Ini adalah serangkaian karakter yang memberikan identitas pada situs web Anda (ya, nama, seperti manusia dan merk). Contoh nama domain adalah: Google.com dan facebook.com

Semua nama domain unik. Ini berarti hanya ada satu google.com di dunia. Anda tidak dapat mendaftarkan sebuah nama domain setelah didaftarkan oleh orang lain (diatur oleh ICANN) kecuali anda bisa membelinya dari orang tersebut.

Untuk memiliki nama domain, Anda harus mendaftarkannya dengan layanan pendaftar domain. Saya menyarankan mendaftarkan domain di niagahoster.co.id karena harga domainnya relatif murah.

Sejarah nama domain website

Internet pada dasarnya adalah jaringan raksasa komputer yang saling terhubung melalui kabel. Untuk mengidentifikasi mereka dengan mudah, setiap komputer diberi serangkaian nomor yang disebut Alamat IP.

Alamat IP ini adalah kombinasi angka yang dipisahkan dengan titik-titik. Biasanya, alamat IP terlihat seperti ini: 66.249.66.1

Komputer tidak memiliki masalah dalam mengidentifikasi dan mengingat angka-angka ini. Namun, mustahil bagi manusia untuk mengingat dan menggunakan angka-angka ini untuk terhubung ke situs web di internet.

Untuk mengatasi masalah ini, nama domain diciptakan.

Nama domain dapat memiliki kata-kata yang membuatnya mudah diingat alamat situs web.

Sekarang jika Anda ingin mengunjungi situs web di internet, Anda tidak perlu mengetikkan serangkaian angka. Sebagai gantinya, Anda dapat mengetikkan nama domain yang mudah diingat

Pengertian Web Hosting

Web hosting adalah tempat semua file situs web Anda berada. Jika nama domain adalah alamatnya maka web hosting adalah rumah yang ditinggali oleh website Anda. Semua situs web di internet, memerlukan web hosting.

Ketika seseorang memasukkan nama domain Anda di browser, nama domain diterjemahkan ke dalam alamat IP komputer perusahaan hosting web Anda. Komputer ini berisi file situs web Anda, dan mengirimkan file-file itu kembali ke browser pengguna. Begitulah cara internet bekerja.

Perusahaan web hosting berspesialisasi dalam menyimpan dan melayani situs web. Mereka menawarkan berbagai jenis paket hosting kepada pelanggan mereka. Niagahoster juga menawarkan jasa pembelian web hosting yang murah dengan kapasitas besar, apalagi sekarang sedang banyak diskon, kunjungi niagahoster.co.id untuk membeli jasa hosting terbaik.

Hubungan Nama Domain dengan Web Hosting

Nama domain dan web hosting adalah dua layanan yang berbeda. Namun, keduanya bekerja bersama untuk membuat website menjadi mungkin dan ada.

Pada dasarnya sistem nama domain seperti buku alamat besar yang terus diperbarui. Di belakang setiap nama domain, ada alamat layanan hosting web yang menyimpan file situs web.

Tanpa nama domain, tidak mungkin bagi orang untuk menemukan situs web Anda dan tanpa hosting web Anda tidak dapat membangun situs web.

Demikian artikel Pengertian Domain dan Hosting Website semoga bisa bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Domain dan Hosting Website "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel