10 Manfaat Matahari Bagi Manusia

Matahari adalah sumber energi terbesar dan paling penting bagi seluruh kehidupan di Bumi baik hewan, tumbuhan serta manusia. Tanpa matahari tidak akan ada kehidupan di Bumi karena matahari membantu fotosintesis tumbuhan dan fitoplankton serta mengubah iklim di bumi. Baca juga: 17 Manfaat Energi Matahari bagi Hewan


10 Manfaat Matahari Bagi Manusia

Manfaat matahari bagi manusia secara spesifik adallah sebagai berikut:

1. Memenuhi 80% kebutuhan vitamin D untuk tubuh manusia.

Dengan Berjemur di bawah sinar matahri anda bisa mendapatkan vitain D secara gratis dan tidak terbatas sebnayak yang anda inginkan. Vitamin D berfungsi penting untuk mengatur kadar kalsium dan fosfor di dalam darah, sehingga dapat menjaga kesehatan tulang.

2. Matahari Dapat Menurunkan Kolestrol dalam Darah

Manfaat matahari pagi selanjutnya adalah dapat mengontrol kolesterol dalam darah. Ini merupakan kelanjutan proses dari penyerapan vitamin D. Setelah kolesterol di bawah kulit diubah menjadi vitamin D, otak dan tubuh kemudian memberikan sinyal kepada kolesterol yang ada dalam darah untuk keluar dari darah menuju ke kulit. Dari proses inilah kadar kolesterol dalam darah dapat dikontrol dengan baik.

3. Matahari adalah sumber energi terbesar di bumi

Manusia selalu memanfaatkan energi dari sinar matahari untuk kegiatan sehari-hari seperti menjemur, menghangatkan badan, dan mengisi baterai sel surya. Selain itu, matahari diperkirakan menjadi sumber energi utama pada 2050, mengalahkan bahan bakar fosil karena pada dasarnya energi cahaya matahari selalu ada dan tersedia.

4. Matahari membentuk dan memperbaiki tulang manusia

Manfaat matahari bagi manusia yang paling dikenal adalah dapat menyehatkan tulang. Meningkatnya vitamin D dalam tubuh karena paparan sinar matahari dapat meningkatkan penyerapan kalsium di dalam tubuh. Kondisi ini adalah solusi dalam pembentukan dan perbaikan tulang dan mencegah penyakit seperti rakhitis dan osteoporosis. Jadi Anda dimasa tua tidak terlalu perlu minum susu penambah kalsium lagi.

5. Matahari dapat membantu menurunkan berat badan

 Kalian pasti tidak menduga ternyata sinar matahari terbukti dapat membakar lemak (dalam hal ini sinar matahari pada waktu pagi yang baik untuk kesehatan). Cara membakar lemak dengan berjemur pada pagi hari sering disebut diet mataharitapi tetap imbangi dengan olahraga dan makan-makanan yang seimbang.

6. Matahari dapat berperan sebagai pereda rasa sakit

Penelitian terhadap pasien pasca operasi menunjukkan bahwa pasien lebih merasa nyaman dan tidak mudah stress berada di luar dibandingkan di dalam ruangan karena adanya efek dari sinar matahari.

7. Matahari adalah sumber cahaya alami untuk manusia melihat

 Seluruh benda yang bisa kamu lihat di bumi sebenarnya akibat pantulan cahaya dari matahari, tentunya jika makhluk hidup memiliki habitat yang minim cahaya maka organ penglihatannya biasnya tidak berfungsi, kecuali jika anda memiliki sumber cahaya lain misalnya senter, obor atau lampu.

8. Matahari dapat membuat tidur lebih nyenyak

Cahaya matahari dapat meningkatkan produksi hormon melatonin dalam tubuh. Melatonin adalah hormon yang membantu tidur nyenyak di malam hari. Sementara itu, produksi hormon melatonin tergantung pada paparan sinar matahari pagi. Jadi, itu tergantung pada berapa banyak sinar matahari pagi masuk ke dalam tubuh. Semakin banyak semakin nyenyak tidur anda

9. Matahari dapat Menurunkan tekanan darah

Manfaat matahari bagi manusia juga dapat menurunkan tekanan darah. Kulit yang terkena sinar ultraviolet (UV) melepaskan senyawa, oksida nitrat, yang efeknya menurunkan tekanan darah. Hal ini didasrkan penelitian dari Peneliti Universitas Edinburg.

10. Meningkatkan mood

Menurut Mayo Clinic, penurunan paparan sinar matahari telah dikaitkan dengan penurunan serotonin yang dapat menyebabkan Seasonal Affective Disorder (SAD), yang merupakan bentuk depresi yang dipicu oleh perubahan musim. Jadi jika anda berjemur maka kemungkinan anda mengalami depresi semakin kecil.

Demikian artikel 10 Manfaat Matahari Bagi Manusia semoga bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel