Budidaya Ikan Lele dalam Ember (Budikdamber) dan Keuntungannya

Pada prinsipnya  budidaya ikan bisa dilakukan  dimana saja, yang diperlukan  hanya  perlu sedikit  modifikasi  dan penyesuaian dengan  wadah budidaya yg akan kita gunakan,  kolam  konvensional memerlukan lahan dan biaya yg lebih besar. 


Budidaya Ikan Lele dalam Ember (Budikdamber) dan Keuntungannya

Kenyataanya bagi kita, orang-orang yang hidup  diperkotaan, ketersediaan laham sangat  terbatas, sehingga kita memerlukan sedikit sentuhan inovasi,  salah satunya adalah budidaya ikan dalam ember atau kita kenal dengan  budikdamber.

Dasar  dair teknik ini adalah aquaponik,  jadi disini  kita menggabungkan antara ikan dan tanaman,  bisa cabai,  tomat  atau kanngkung dengan ikan. Sehingga  kita dapat mengambil  manfaat keduanya. Yang kita butuhkan untuk budidaya ini cukup sederhana yaitu,  ember ukuran 80 liter,  gelas plastik  bekas, (semangat 3R,  reduce  reuse & recycle,  kawat yg agak lentur,  bibit kakangkung dan tentunya bibit  lele (ukuran bibit makin besar makin bagus).


Dalam satu ember  dapat menampung ikan lele sampai  dengan 80 ekor.


Jumlah  gelas plastik yg bisa dipasang maksimal 13 gelas dengan masing2 gelas bersisi 4 bibit batang kangkung.


Dan dalam pemeliharaannya bisa dilakukan penggantian air setiap  3 minggu sekali.

Dosis pakan diberikan secara adlibitum atau sekenyangnya.

Masa pemeliharaan  dapat dipanen setelah 2 bulan,  dengan  4 kali panen kangkung  selama periode itu.


Berikut ini adalah contoh video budidaya ikan lele dalam ember atau budikdamber




Keuntungan budidaya lele dalam ember


Keunggulan  dari teknologi ini adalah tidak memerlukan aliran listrik  untuk  suplai oksigen maupun resirkulasi air kolam. Tentunya ini sangat sederhana dan murah.


Salah satu faktor terbesar para peternak lele memilih menggunakan ember sebagai pengganti kolam adalah karena hemat tempat. Ketika tempat menjadi keterbatasan dalam memulai bisnis ini maka menggunakan ember ini dianggap adalah solusi terbaik.


Untuk memulai bisnis ini menggunakan tong sangat cepat dan hemat waktu daripada harus menggali kolam. Membelah ember plastik dengan gergaji besi atau alat bakar las adalah solusi tercepat.


Tidak seperti menggunakan kolam, memanen dari ember plastik lebih mudah. Melapisi ember dengan plastik terlebih dahulu dan tinggal membuang air saja. Setelah air surut maka lele mudah di angkat, cukup mengangkat plastik pelapis saja maka lele semua akan ikut.

Dengan wadah budidaya yg terbatas  kita dapat manfaat ganda dari kangkung dan ikan yang bisa kita manfaat kapan saja dalam kondisi  segar, dan sehat,  mungkin  terlalu  berlebihan  kalo kita menyebut nya 'kulkas hidup'  tapi nyatanya kita punya sumber gizi yang tersedia  setiap  saat dan segar tentunya.


Kesimpulan


Budidaya ikan lele dalam ember atau budikdamber menjadi salah satu peluang usaha yang terbuka lebar bagi siapa saja dan di mana saja. Besarnya minat masyarakat mengkonsumsi ikan lele menjadi peluang bagus dalam meraup keuntungan.

Jika Anda hendak memulai usaha ini sangat di rekomendasikan untuk menanyakan langsung kepada pembudidaya lain yang berpengalaman. Untuk  konsultasi bisa melalui email daya.pwr90@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel