Pengertian Time Paradox

Time Paradox adalah suatu momen dimana adanya perubahan di masa dahulu yang mempengaruhi jalannya waktu saat ini atau suatu situasi yang timbul dari sejumlah premis (apa yang dianggap benar sebagai landasan kesimpulan kemudian, dasar pemikiran, alasan, asumsi (kalimat atau proposisi yg dijadikan dasar penarikan kesimpulan di dl logika), yang diakui kebenarannya yang bertolak dari suatu pernyataan dan akan tiba pada suatu konflik atau kontradiksi.


Pengertian Time Paradox

Konsep paradoks waktu ini sangat kompleks dan membingungkan dan akan memberikan dampak yang sangat baik atau sangat buruk.

Menurut Albert Einstein, terdapat Cosmic Censorship dimana garis waktu atau timeline tidak dapat dirubah. Jikalau seseorang berhasil menciptakan mesin waktu dan kembali ke masa lalu untuk merubah sesuatu, dia tidak akan pernah bisa merubah hal yang ingin dia rubah karena adanya Cosmic Censorship.

Lalu terdapat teori Quantum yang memunculkan teori baru, yaitu teori Multi-Verse atau yang biasa disebut dengan dunia paralel. Teori ini menjelaskan bahwa ketika seseorang kembali ke masa lalu dan merubah timeline, maka akan menimbulkan dua “waktu” yang berbeda.

Banyak anggota komunitas ilmiah percaya bahwa perjalanan waktu itu kemungkinan besar tidak mungkin. Kepercayaan ini terutama berdasarkan pisau cukur Occam. Setiap teori yang memperbolehkan perjalanan waktu menuntut bahwa semua isyu kausalitas harus terpecahkan. 

Ketiadaan bukti eksperimental tentang adanya perjalanan waktu, maka secara teori lebih mudah diasumsikan bahwa hal ini tidak terjadi. Dan memang, Stephen Hawking pernah berkata bahwa ketiadaan wisatawan atau turis dari masa depan yang menjenguk kita merupakan sebuah argumentasi yang kuat dalam menentang adanya fenomena ini. Argumentasinya ini merupakan sebuah variasi dari paradoks Fermi, yang menentang akan adanya mahluk luar angkasa. Namun di sisi lain, asumsi bahwa perjalanan waktu itu mustahil merupakan hal yang menarik pula bagi para fisikawan karena ini menimbulkan pertanyaan mengapa tidak dan hukum fisika apa yang tidak memperbolehkannya.

Demikian artikel Pengertian Time Paradox semoga bermanfaat.