Pengertian Tahun Cahaya Lengkap

Tahun Cahaya (disingkat TC, bahasa Inggris: light year atau ly) adalah satuan panjang yang didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun melewati ruang hampa udara.  Tahun cahaya bukanlah satuan waktu, melainkan satuan jarak. Sama halnya dengan meter, kilometer maupun mil. 


Pengertian Tahun Cahaya Lengkap

Tahun cahaya adalah satuan jarak yang digunakan para astronom untuk mengukur jarak di luar angkasa. Tahun yang digunakan untuk perhitungan adalah tahun Julian yang mempunyai 365,25 hari atau 31.557.600 detik. Kadang kala rata-rata tahun tropis 31.556.925,9747 detik digunakan. Karena cahaya menempuh kecepatan 299.792.458 meter per detik (ms−1) dalam ruang hampa udara, maka dengan menggunakan tahun Julian, satu tahun cahaya sama dengan 9.460.730.472.580.800 kilometer atau sering dibulatkan menjadi 1015 kilometer.

Mengapa menggunakan cahaya sebagai satuan jarak? Satuan tahun cahaya didasarkan pada kecepatan cahaya dalam menempuh suatu jarak. Di mana dalam satu detik, cahaya dapat menempuh jarak 299.792.458 meter per detik (ms^-1) atau apabila dibulatkan menjadi 300.000 km/detik. Pada kecepatan itu, Anda dapat mengelilingi Bumi hampir delapan kali dalam satu detik.

Sangat cepat kan? Tentu lebih cepat dari bepergian dengan kereta api atau pesawat udara. Dengan kecepatan cahaya, perjalanan ke Bulan bahkan hanya membutuhkan waktu sekitar satu setengah detik. Dan perjalanan ke Matahari membutuhkan waktu sekitar delapan menit saja! ngomong-ngomong siapa juga yang mau pergi kematahari.

Fakta bahwa cahaya membutuhkan waktu untuk tiba di suatu tempat di alam semesta memiliki efek samping yang menarik. Jika cahaya dari Matahari saja membutuhkan waktu delapan menit untuk sampai ke Bumi kita, maka cahaya yang saat ini menyinari Bumi adalah cahaya Matahari delapan menit yang lalu.

Terdengar aneh? Sepertinya tidak, Hal tersebut sama kasusnya dengan petir. Jika Anda pernah melihat petir, Anda akan melihat cahaya kilat dan kemudian beberapa detik kemudian Anda mendengar suara gemuruh. Hal tersebut disebabkan karena cahaya bergerak lebih cepat dari suara.

Alasan utama untuk menggunakan “tahun cahaya” sebagai satuan jarak di alam semesta adalah karena jarak alam semesta itu sendiri yang amat sangat luar biasa besar. Jika kita tetap berpegang pada satuan jarak mil atau kilometer, cukup sulit mengingat jarak bintang Proxima Centauri yang terletak pada 3.974.000.000.000 kilometer jauhnya.

Dengan menggunakan satuan tahun cahaya, yang mana 1 tahun cahaya setara 9,4 triliun kilometer, maka jarak dari Bumi ke Proxima Centauri adalah hanya 4,2 tahun cahaya. Dengan kata lain, cahaya dari bintang Proxima Centauri membutuhkan waktu sekitar 4,2 tahun untuk sampai di mata kita di Bumi.

Nah, dengan jauhnya jarak antar benda di alam semesta tersebut, maka digunakanlah satuan cahaya sebagai satuan jarak. Hal ini serta merta untuk memudahkan pembelajaran dan penelitian di bidang astronomi yang “laboratorium”-nya adalah alam semesta.

Demikian artikel Pengertian Tahun Cahaya Lengkap semoga bisa bermanfaat

Sumber : http://www.infoastronomy.org/2016/09/apa-itu-tahun-cahaya.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel