Pengertian Ekosistem Buatan dan Fungsinya

Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi.

Pengertian Ekosistem Buatan dan Fungsinya

Ekosistem buatan merupakan suatu ekosistem yang sengaja dibuat dengan bantuan manusia, segala komponen abiotik dan biotiknya sebagian merupakan iut campur dari manusia, sehingga memiliki keragaman yang terbatas dibanding ekosistem alami. Tujuan manusia membuat ekosistem buatan adalah untuk beberapa hal, antara lain:

1. Memenuhi kebutuhan manusia

Meningkatnya populasi manusia maka kebutuhan hidupnya pun makin tinggi. Keperluan manusia mulai dari sandang, pangan, dan papan diperoleh dari alam. Jika hanya mengandalkan ekosistem alami maka dapat terjadi ketidakseimbangan ekosistem akibat menurunnya spesies tertentu. Dengan membuat ekosistem buatan maka dapat memenuhi kebutuhan manusia terhadap suatu spesies yang dibutuuhkan tanpa merusak ekosistem alami.

2. Pelestarian Lingkungan dan makhluk hidup
Menurunnya suatu populasi organisme atau eningkatnya kerusakan suatu ekosistem akibat aktivitas manusia harus segera di atasi dengan salah satunya membuat ekosistem buatan. Dengan menyediakan atau membuat suatu wilayah menjadi suatu habitat yang layak bagi suatu organisme dapat menjadi upaya untuk melestarikan makhluk hidup terhadap kepunahan serta memperbaiki lingkungan hidup organisme.

3. Hiasan dan sarana belajar

Beberapa orang memanfaatkan ekosistem sebagai suatu hiasan baik dalam suatu ruangan tertutup atau terbuka. hal ini dapat dijadikan sebagai sumber belajar dengan mengenalkan beberapa flora atau fauna melalui ekosistem buatan.

Demikian artikel Pengertian Ekosistem Buatan dan Fungsinya semoga bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel