Penyebab Kenapa Planet Bumi Berputar Mengelilingi Matahari

Hallo agan...Kenapa Planet Bumi mengelilingi Matahari? Padahal ada banyak bintang-bintang di alam semesta ini. Kok, Planet Bumi tidak pergi ikut bintang lain saja? , alam semesta memang mempunyai banyak bintang. Jumlahnya mencapai milyaran.

Penyebab Kenapa Planet Bumi Berputar Mengelilingi Matahari


Tiap bintang mempunyai planet-planet sendiri. Planet-planet itu setia mengelilingi sang bintang. Begitu juga dengan bintang di Tata Surya kita, yaitu Matahari. Matahari juga mempunyai 8 planet yang setia mengelilingi Matahari. Salah satu planet itu bernama Planet Bumi.

Kenapa Planet Bumi dan planet lain tidak berpindah ke bintang lain? Kenapa planet di Tata Surya tidak pindah mengelilingi bintang tetangga? Hmm, penyebabnya adalah karena Matahari mempunyai gravitasi atau gaya tarik yang sangat besar. Artinya, Matahari selalu berusaha menarik Planet Bumi agar jatuh ke Matahari. Uniknya, Planet Bumi juga berusaha mempertahankan diri agar tidak jatuh tertelan Matahari.

Bukan hanya Bumi saja yang tertarik oleh Matahari, tetapi juga planet - planet lain dalam tata surya kita juga tertarik gaya gravitasinya dan mengitarinya? termasuk disini ketujuh planet lainnya selain Bumi dan Pluto yang baru - baru ini dinyatakan bukan sebagai planet karena ukurannya terlalu kerdil atau kecil. 

Mengenai lintasan putarannya yang elips, itu dikarenakan gaya gravitasi Bumi dan Matahari yang bertabrakan. Seharusnya semua benda diluar angkasa jika tertarik oleh gaya gravitasi benda lain yang lebih besar akan langsung bergerak lurus ke arahnya dan bertabrakan. Akan tetapi, karena tiap benda diluar angkasa mempunyai gaya gravitasinya sendiri - sendiri? maka benda yang tertarik tidak akan bertabrakan langsung dengan benda yang lebih besar melainkan gravitasinya akan bertabrakan dan benda yang lebih kecil akan mengitarinya terus - menerus karena gravitasinya yang lebih kecil. 

Bayangkan : sebuah besi tertarik oleh magnet tetapi besi itu memiliki daya magnet juga, disini kita katakan kutub (+), sedangkan magnetnya memiliki kutub magnet (-). Besi akan tertarik langsung, akan tetapi karena kutub magnetnya berlainan? tabrakan atas dua benda tidak terjadi namun besi itu akan mengitari magnet seakan - akan ada sebuah penghalang yang tidak terlihat yang melindungi magnet dari tabrakan tersebut. Itulah kenapa lintasan orbit Bumi terhadap Matahari berbentuk elips.

Planet Bumi bisa bertahan tidak ditelan Matahari karena Planet Bumi mempunyai massa dan kecepatan. Planet Bumi selalu berlari mengelilingi Matahari supaya tidak ditelan gaya tarik Matahari.

Apabila  Planet Bumi tidak berlari mengelilingi Matahari, maka Planet Bumi akan ditarik dan ditelan Matahari. Gaya tarik Matahari ini juga menyebabkan Planet Bumi tidak bisa meninggalkan Matahari. Planet Bumi seperti terkunci pada Matahari.

Demikian artikel Penyebab Kenapa Planet Bumi Berputar Mengelilingi Matahari semoga bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel