Fungsi Tanduk yang Ada Pada rusa

Hallo agan...Rusa adalah hewan mamalia pemamah biak (ruminan) yang termasuk familia Cervidae. Salah satu ciri khas rusa adalah adanya antler (tanduk rusa), dan bukan tanduk, yang merupakan pertumbuhan tulang yang berkembang setiap tahun (biasanya pada musim panas) terutama pada rusa jantan . Ada sekitar 34 spesies rusa di seluruh dunia. 

Fungsi Tanduk yang Ada Pada rusa


Tahukah agan bahwa hanya rusa jantan saja yang memiliki tanduk? Selama 4 tahun lamanya, rusa jantan akan mengembangkan tanduk miliknya. Setiap tahun, tanduk rusa terlepas dan tumbuh tanduk yang baru.

Pada saat musim semi dan musim panas, tanduk rusa berbentuk lunak dan berlapis kulit yang mirip dengan beludru. Pada saat musim gugur, tanduk rusa mengeras dan kulitnya mengelupas. Semakin tua rusa tersebut, semakin banyak pula ranggah tanduknya.

Tanduk pada rusa merupakan senjata penting bagi rusa. Dengan tanduknya, mereka menjaga diri dari serangan musuh. Kadang-kadang, hanya dengan melihat tanduknya, seekor pemangsa akan meninggalkan rusa seorang diri alias kabur.

Ketika musim kawin sudah mendekat, rusa-rusa jantan ini akan saling beradu tanduk. Apa tujuannya? Untuk memenangkan rusa betina sebagai pasangannya dan mendapatkan wilayah itu sebagai miliknya. Rusa jantan yang menang kemudian dapat membangun wilayahnya dan mengawini rusa betina yang masuk ke dalam wilayahnya.

Fungsi Tanduk yang Ada Pada rusa
rusa jantan beradu by: antarnews

Rusa jantan membuat suatu batas di sekeliling wilayahnya dengan melumurkan zat yang berasal dari kelenjar baunya. Dalam wilayah ini, ia membentuk kawanan yang terdiri atas rusa betina. Ia menjaga kawanannya dari musuh dengan tanduknya. Jika aa makhluk asing masuk ke wilayahnya, ia mendorongnya keluar dengan aumannya, atau menyeruduknya dengan tanduk.

Demkian artikel tentang Fungsi atau manfaat Tanduk yang Ada Pada rusa semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel