Pengertian Kalor dan Satuannya Lengkap

Kalor merupakan salah satu bentuk energi yang berpindah dari benda yang suhunya lebih tinggi ke benda yang suhunya lebih rendah jika kedua benda bersentuhan. Pengertian kalor berbeda dengan pengertian suhu. Bedanya adalah, suhu merupakan ukuran derajat panas atau dinginnya suatu benda, sedangkan kalor adalah ukuran banyaknya panas jadi kalor tidak membahas perbedaan panas dan dingin. Baca juga: Mekanisme pengaturan suhu tubuh manusia
Pengertian Kalor dan Satuannya Lengkap
by: tribunnews
Istilah kalor berasal dari kata caloric, yang pertama kali diperkenalkan oleh antoine Laurent Lavoiser (1743-1794), seorang ahli kimia dari Negara Prancis. Oleh para ahli kimia dan fisika saat itu , kalor dianggap sebagai zat alir yang tidak terlihat oleh mata. Oleh karena itu, satuan kalor ditetapkan dengan nama kalori (kal). Baca juga: 10 Logam yang paling baik menghantarkan kalor

Energi kalor dapat berubah menjadi energi mekanik atau sebaliknya. Oleh karena itu, terdapat hubungan antar satuan energi kalor (kalori) dengan satuan energi mekanik (joule). Hubungan ini ditemukan oleh James Prescott Joule (1818-1889), seorang ilmuwan berkebangsaan Inggris. Hubungan tersebut adalah 1 kilo kalori = 4,186 x 103 joule.

Jadi, dengan pembulatan koma desimal dapat ditulis:
1 kkal = 4,2 x 103 J
1 kal = 4,2 J
Satu kalori (kal) adalah banyaknya kalor yang diperlukan untuk memanaskan 1 gram air sehingga suhunya naik 1 derajat celcius (1 kilokalori = 1 kkal =1000 kal).

Perhitungan James Prescott Joule sampai sekarang masih berlaku. Untuk itu kita wajib menghargai jasa para ahli fisika dan belajar dengan tekun agar berhasil dan berguna bagi banyak orang.

Kesimpulan:
1. Pengertian kalor adalah salah satu bentuk energi yang berpindah dari benda yang suhunya lebih tinggi ke benda yang suhunya lebih rendah

2. Penemu Istilah kalor berasal dari kata caloric, yang pertama kali diperkenalkan oleh antoine Laurent Lavoiser seorang ilmuwan dari Negara Prancis.

3. Hubungan hubungan antar satuan energi kalor (kalori) dengan satuan energi mekanik (joule) adalah 1 kilo kalori = 4,186 x 103 joule.

4. Hubungan antara satuan energi kalor (kalori) dengan satuan energi mekanik (joule) ditemukan oleh James Prescott Joule, seorang ilmuwan berkebangsaan Inggris

5. Satu kalori (kal) adalah banyaknya kalor yang diperlukan untuk memanaskan 1 gram air sehingga suhunya naik 1 derajat celcius (1 kilokalori = 1 kkal =1000 kal).

Demikian artikel saya tentang Pengertian Kalor dan Satuannya Lengkap semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel