Kegiatan Manusia yang Mempengaruhi Keanekaragaman Hayati

Hallo Agan...Pada saat ini, kegiatan manusia khususnya di Indonesia sering mengakibatkan terjadinya kerusakan alam yang memicu berkurangnya biodiversitas. Kerusakan alam terjadi saat sebagian masyarakat Indonesia sudah tidak hidup serasi dengan lingkungan karena masyarakatnya mulai merusak alam , Padahal dari dulu bangsa indonesia telah ditanamkan nilai-nilai luhur agar dapat hidup serasi dengan alam secara turun temurun.

Ketidakserasian kondisi antara manusia dan lingkungan terutama disebabkan oleh laju pertumbuhan populasi manusia sehingga menyebabkan meningkatnya kebutuhan terhadap pangan, papan , sandang, dan hiburan. Peningkatan jumlah populasi telah menimbulkan tekanan terhadap alam seperti perluasan lahan pertanian dan pemukiman, pembangunan jalan yang melintasi hutan yang mengakibatkan rusaknya hutan, pembangunan gedung di atas tanah hijau, dan pembuangan limbah sembarangan yang mengakibatkan rusaknya ekosistem.

Kegiatan Manusia yang Mempengaruhi Keanekaragaman Hayati


Ancaman terbesar aktivitas manusia terhadap biodiversitas adalah kerusakan habitat asli. Kerusakan hutan atau terumbu karang sangat berpengaruh pada organisme yang menghuninya. Kerusakan habitat asli dapat terjadi karena beberapa kegiatan manusia seperti berikut ini.

1. Pembukaan areal atau kawasan hutan untuk lahan pertanian, pemukiman, atau pembangunan sarana transportasi, saat pembangunan tersebut biasanya hutan akan dibakar atau pohonnya ditebangi.

2. Usaha penebangan hutan tanpa diiringi upaya pelestarian yang mengakibatkan rusaknya lingkungan. Penebangan hutan harusnya diringi dengan penanaman kembali  hutan yang telah ditebang.

3. Penggembalaan hewan ternak (sapi atau kambing) di hutan atau suaka alam.

4. Perburuan liar hewan maupun tumbuhan yang semakin merajalela dan tak terkendali.

5. Penggunaan bom atau bahan kimia berbahaya untuk mencari ikan.

6. Memperkenalkan atau membuat jenis organisme baru yang berpotensi merusak kestabilan ekosistem. Contohnya adalah hewan-hewan yang dimodifikasi secara genetik.

7. Pembuangan limbah berbahaya ke lingkungan tanpa proses pengolahan terlebih dahulu, contohnya pembuangan limbah pabrik ke sungai secara langsung sehingga menyebabkan pencemaran air.

8. Ekspoloitasi sumber daya alam secara besar-besaran dan berlebihan tanpa terkendali dalam rangka memenuhi kebutuhan bahan baku industri.

Manusia seharusnya sadar bahwa alam menyediakan banyak hal untuk kita manfaatkan dan kita jaga bukan untuk dieksploitasi secara besar-besaran yang mengakibatkan kerusakan.

Demikian artikel dari saya tentang Kegiatan Manusia yang Mmepengaruhi Keanekaragaman Hayati semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel