Alasan Kenapa Tubuh Kita Bisa Merasakan Geli

Hallo agan..Geli  adalah perasaan kejut halus pada syaraf yang biasa membuat kita tertawa biasanya geli timbul karena tubuh kita digelitiki oleh seseorang. Nah,  apakah agan sering merasa geli jika digelitik,  Rasanya hampir semua orang bisa merasakan geli. Tapi kenap sih tubuh kita merasa geli saat digelitiki atau dipegang?

Alasan Kenapa Tubuh Kita Merasakan Geli


Pada dasarnya, kita tidak bisa mengatur  atau mengendalikan rasa geli yang timbul gelitikan ini merupakan reaksi fisiologis. Reaksi fisiologis adalah reaksi yang tidak dapat dikendalikan oleh otak dan tanpa diperintah otak akan muncul sendiri sesuai keadaan contohnya keadaan saat kita digelitik yang membuat kita geli.

Nah, geli ini termasuk sistem somatosensori dalam tubuh kita. Apa itu sistem somatosensori? Sistem somatosensori adalah suatu sistem indra yang bisa mendeteksi sentuhan atau tekanan, suhu (hangat atau dingin), sakit (termasuk gatal dan geli), termasuk juga propriosepsi (sensasi pergerakan otot) serta posisi persendian seperti postur, pergerakan, dan ekspresi wajah.

Nah, dengan adanya sistem itulah timbul rasa geli jika seseorang menggelitiki tubuh kita. Lalu, kenapa hanya di beberapa bagian dari tubuh saja yang terasa geli? Beberapa bagian tubuh yang terasa geli tersebut memiliki lebih banyak syaraf perasa daripada bagian tubuh lainnya. Jadi, tidak semua bagian tubuh bisa terasa geli. Bagian-bagian tubuh yang mudah terasa geli diantaranya adalah pinggang dan kaki dan leher maknya banyak gelitikan biasanya di bagian tubuh tersebut.


Tahukah, kamu, kalau rasa geli sebenarnya juga sebagai tanda bahwa bagian tubuh tersebut lebih peka dari yang lainnya. Lebih peka berarti juga bagian tubuh itu "terlindungi" dari "bahaya" yang mungkin mengancam, dan itu berarti menjaga kelangsungan hidup kita. Itulah gunanya kita merasakan geli karena ternyata geli bermanfaat untuk melindungi tubuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel