Alasan Mengapa Rambut Menjadi Putih Atau Beruban

Hallo agan...Manusia pada saat masih anak-anak biasanya memiliki rambut yang hitam mengkilat tapi saat sudah berumur rambutnya satu-persatu atau semua sekaligus mulai menjadi putih atau beruban.

Ngomong-ngong soal uban mengapa rambut manusia yang tadinya hitam bisa menjadi putih atau beruban saat sudah berumur ? bahkan ada yang pada saat remaja sudah memiliki uban walaupun tidak banyak.

Alasan Mengapa Rambut Menjadi Putih Atau Beruban

Ternyata rambut itu memiliki dua pigmen, yaitu pigmen eomelanin dan feomelanin. Pigmen Eomelanin terdapat pada orang Asia, Arab dan India sehingga warna rambut orang-orang di wilayah tersebut gelap dan hitam.

Pigmen adalah benda-benda dalam sel atau jaringan yang mempunyai warn sendiri, baik sewaktu masih dalam keadaan hidup atau difiksasi, walaupun tidak diwarnai

Pigmen feomelanin terdapat pada orang-orang kulit putih, seperti eropa dan karena pigmen tersebut rambut mereka pun berwarna pirang.

Nah semakin tua manusia,  metabolisme untuk memproduksi pigmen sudah lambat atau bahkan sudah tidak ada lagi. Akibatnya, jika kadar pigmennya kurang, rambut pun akan semakin pirang dan kemudian berubah warna menjadi putih dan beruban.

Semakin tua manusia, metabolisme untuk memproduksi pigmen sudah mulai lambat atau bahkan sudah tidak ada lagi. Karena itu orang yang sudah tua memiliki rambut yang berwarna putih atau yang dikenal sebagai uban.


Kesimpulan

Rambut yang tadiny hitam berubah menjadi putih atau beruban karea rambut kekurangan pigmen warna. Keadaan ini biasanya terjadi pada saat umur manusia sudah cukup tua.


Demikian artikel dari saya alasan mengapa rambut menjadi putih atau beruban semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel