10 Bahan Alami Untuk Mengusir Nyamuk

Hallo Agan...Nyamuk adalah hewan yang sangat mengganggu dan juga berbahaya bagi manusia, Nyamuk biasanya sangat menggangu pada malam hari terutama sebelum kita tidur atau waktu kita sedang bersantai. Nyamuk mengganggu karena gigitannya membuat kita gatal-gatal bahkan sakit dan suara nyamuk saat terbang bikin emosi.

 Nah pasti kita ingin sekali mengusir para nyamuk pengganggu dan pembawa penyakit ini, biasa kita mengusirnya memakai obat nyamuk yang tentunya berbahaya juga bagi manusia. Nah sekarang saya akan membagikan obat alami untuk mengusir nyamuk penganggu. Apa sajakah obatnya? Lets cekidot!


1. Kulit jeruk

by: liputan 6


Jeruk merupakan buah yang populer, bukan hanya buahnya tetapi kulitnya pun populer untuk mengusir nyamuk. Aroma segar kulit jeruk membuat nyamuk takut dan pergi jauh enggan mendekat. Kalau agan sehabis makan jeruk jangan langsung buang kulitnya. Taruh di wadah bisa toples atau piring kecil yang sedap dipandang dan letakkan di atas meja maka ruangan menjadi segar dan nyamuk enggan mendekat.


2. Minyak serai (sitronela)

Minyak serai atau sitronela merupakan bahan alami yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Cukup oleskan minyak serai pada bagian tubuh yang terbuka maka nyamuk akan menjauh dan tidak berani menggigit tubuh kita yang telah diolesi minyak serai. Minyak serai juga dapat menghangatkan tubuh dan meredakan gatal pada tubuh yang telah tergigit nyamuk atau serangga lainnya.


3. Lavender

Lavender sudah sejak lama terkenal sebagai bahan atau obat pengusir nyamuk. Seperti minyak serai, minyak lavender juga bisa dioleskan di kulit agar tubuh kita terhindar dari gigitan nyamuk. Wangi lavender yang menenangkan juga bisa dibuat untuk pengharum ruangan.


4. Teratai

Tumbuhan air teratai adalah penagkal nyamuk yang anmpuh untuk membasmi larva-larva nyamuk. Teratai yang tumbuh di air sangat cocok untuk mengusir nyamuk di halaman depan rumah dan kolam. Selain itu, Teratai juga bisa menjadi hiasan kolam yang indah.


5. Bawang putih

Selain digunakan untuk penyedap makanan, bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk menangkal serangan nyamuk. Aroma menyengat yang dimiliki bawang putih sangat tidak disukai nyamuk. Kita bisa memakan bawang putih secara langsung agar nyamuk menjauhi tubuh kita.


6. Tumbuhan zodia

by: biodivercity warriors


Zodia adalah tumbuhan yang berasa dari papua. Aroma daunnya yang cukup menyegat akan membuat nyamuk enggan mendekatinya. Penduduk papua menggunakannya untuk menghalau serangga jika sedang pergi ke hutan. Caranya tingga menggosokkan daunnya ke kulit.


7. Minyak kayu putih

Tentunya minyak kayu putih sudah sangat terkenal untuk menghalau nyamuk serta mengobati gigitan serangga. Minyak kayu putih juga dapat menghangatkan tubuh.


8. Bubuk kopi



Bubuk kopi juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Caranya mudah yaitu dengan Menaburkan bubuk kopi di area rumah dan sekitarnya yang memiliki genangan air. Telur nyamuk yang ada dalam air genangan tersebut akan muncul ke permukaan air karena bubuk kopi. Ketika telur nyamuk menempel di bubuk kopi dan naik ke permukaan, mereka akan kehilangan oksigen. Cara ini akan menghambat benih nyamuk menetas dan mencegah nyamuk berkembang biak. Cara ini cukup efektif tapi mungkin agan jadi tidak bisa ngopi deh.


9. Lemon


Lemon memiliki bau yang menyegarkan tapi sangat dibenci oleh nyamuk, sehingga kita bisa menggunakan lemon untuk mengusir nyamuk.


10. Bagian sukun yang masih muda



Buah sukun yang masih muda yang bentuknya lonjong sangat ampuh untuk mengusir nyamuk caranya bakar buahnya dan nyamuk yang terkena asap akan menjauh.

Demikian artikel saya tentang 10 bahan alami untuk mengusir nyamuk, semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel