Pengertian Meniskus dan Macamnya

Gaya tarik-menarik antarmolekul zat cair dapat mengakibatkan terjadinya tegangan permukaan pada zat cair. Tegangan permukaan menyebabkan serangga-serangga kecil seperti nyamuk, lalat dan anggang-anggang dapat berdiri di atas air.

Pada saat zat cair dituangkan ke dalam tabung, permukaannya akan berbentuk cekung atau cembung. Bentuk permukaan zat cair dalam tabung disebut meniskus. Dengan demikian, meniskus ada dua macam, yaitu meniskus cekung dan meniskung cembung.

Pengertian Meniskus dan Macamnya


Permukaan air dalam tabung reaksi berbentuk cekung. Hal ini disebabkan terjadinya adhesi (gaya tarik-menarik antar molekul)  antara molekul-molekul air dalam tabung dengan molekul-molekul tabung reaksi.


Hal ini menunjukkan bahwa adhesi antara molekul-molekul air  dengan molekul-molekul dinding tabung lebih besar daripada kohesi ( gaya tarik menarik antar partikel yang sejenis)  molekul-molekul air sehingga sebagian molekul air tertarik oleh dinding tabung. Akibatnya, permukaan air yang menempel pada dinding tabung lebih tinggi daripada permukaan air yang lain.

Air yang berada dalam tabung reaksi yang telah diolesi minyak goreng tidak akan membasahi dinding tabung. Permukaan air dalam tabung tersebut membentuk meniskus cembung.

Hal ini terjadi karena kohesi antara molekul-molekul air lebih besar daripada adhesi antara molekul-molekul air dengan molekul-molekul minyak goreng, sehingga sebagian molekul air terlepas dari dinding tabung.

Akibatnya, permukaan air membentuk meniskus cembung. Raksa (merkuri) yang digunakan sebagai pengisi termometer juga tidak membasahi dinding/tabung kaca sehingga raksa yang ada di dalam kaca juga membentuk meniskus cembung.
                      
Kesimpulan:

-Pengertian meniskus adalah Bentuk permukaan zat cair dalam tabung
-Meniskus ada dua macam yaitu meniskus cekung dan meniskus cembung
-Meniskus terjadi karena adanya adhesi dan kohesi
-adhesi adalah gaya tarik-menarik antar molekul
-Kohesi adalah gaya tarik menarik antar partikel yang sejenis

Demikian artikel dari saya tentang Pengertian Meniskus dan macamnya semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel