Pengertian Masa Jenis dan Rumus Menghitungnya

Pernahkah agan melihat air santan kelapa? Lebih besar manakah massa segelas Air santan dibandingkan segelas massa air putih?

Pengertian Masa Jenis dan Rumus Menghitungnya

Santan kelapa terlihat lebih bermassa dibanding air putih

Segelas air putih memiliki massa lebih kecil daripada segelas santan, karena kandungan zat dalam santan lebih banyak daripada kandungan zat dalam air putih. Hal ini juga berlaku untuk semua jenis benda yang ada di sekitar kita termasuk juga gas. Misalnya batu dan pasir yang memiliki massa sama besar dan volume yang berbeda. Untuk massa yang sama, volume pasir lebih besar daripada volume batu. Itulah sebabnya massa jenis batu berbeda dengan massa jenis pasir.

Massa jenis suatu benda adalah perbandingan antara massa dengan volume benda.Pernyataan tersebut secara sistematis dapat dirumuskan dengan

                                p = m/v (m per v)

Penjelasan;
p = massa jenis benda (kg/m3)
m= Massa benda (kg)
v = Volume benda (m3)

Untuk mencari massa jenis sebuah benda kita harus tahu duluj umlah massa dan volumenya. Untuk mengetahui jumlah massa suatu benda bisa menggunakan timbangan, sedangkan untuk mengetahui volume suatu benda bisa menggunkan rumus p x l x t jika benda diketahui beraturan atau yang praktis menggunakan gelas ukur untuk mengetahui volume benda yang beraturan dan yang tidak beraturan dengan rumus volume gelas ukur yang diisi air sebelum dicelupi benda dikurangi volume gelas ukur yang telah dicelupi benda.
Dalam sistem (satuan) internasional satuan massa jenis dinyatakan dalam kg/m3, sedangkan satuan yang lebih kecil dinyatakan dalam g/cm3.

Kesimpulan:

-Massa jenis adalah jumlah kandungan zat yang terdapat pada sebuah benda
-Rumus untuk mencari massa jenis adalah massa benda dibagi volume suatu benda
-Untuk mengetahui massa jenis benda harus dikethui jumlah massa dan volume benda yang akan dihitung
-Satuan internasional Massa jenis adalah kg/m3 dan untuk satuan yang lebih kecil g/cm3

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel