Alasan Mengapa Perlu Melanjutkan Kuliah ke S2 Atau S3

Kebanyakan pelajar indonesia hanya melanjutkan pendidikan paling pol jika sudah lulus S1 dan enggan melanjutkan  lagi  kejenjang yang lebih tinggi misalnya S2 ataupun S3. Meskipun ada yang melanjutkan pendidikan hingga S2 atau S3 jumlahnya sangat sedikit sekali dan biasnya hanya orang-orang tertentu saja.

Alasan Mengapa Perlu Melanjutkan Kuliah ke S2 Atau S3



Kebanyakan berpikir jika S1 saja sudah cukup untuk mendapatkan pekerjaan yang menjajikan padahal kenyataan di lapangan tidak demikian. Posisi-posisi kerja saat ini sangat membutuhkan spesialisasi. S1 saat ini sudah menjadi standar baru dalam mencari pekerjaan, walaupun banyak juga pekerjaan yang masih menggunakan ijasah di bawah S1. Kemampuan S1 biasanya bersifat umum belum memiliki spesialisasi seperti S2 dan S3.

Ilmu pengetahuan pada saat ini berkembang dengan pesat dan memiliki banyak cabang. Manusia tidak dapat menguasai semuanya karena memiliki keterbatasan seperti keterbatasan kemampuan otak, fokus, waktu, sumber daya dan lain-lain. Saat kita memilih melanjutkan pendidikan  S2 atau S3, berarti kita menjadi lebih fokus pada sebuah bidang yang nantinya akan memandu kita menuju pengetahuan yang lebih mandalam.

Saat ini banyak tumbuh perusaahan-perusahaan dan dalam pertumbuhannya ini tentunya perusahaan bersaing sengit dengan perusahaan lain sehingga butuh inovasi-inovasi baru setiap harinya. Nah persoalan-persoalan seperti ini bisa diatasi oleh orang yang memiliki pengetahuan yang mendalam tersebut.

Apa saja alasan mengapa kita harus melanjutkan pendidikan S2 atau S3 dengak kata lain kuliah lagi?

1.  Merasa ilmunya masih kurang dan ingin belajar lagi
2. Untuk memperbaiki karir, naik pangkat, naik tunjangan, naik pendapatan
3.  Mendapatkan ilmu yang sudah terstandarisasi dan resmi di universitas dari pakarnya
4.  Untuk investasi jangka panjang di masa depan
5. Menambah koneksi dan kolega
6. Membuka wawasan baru
7. Mendapat gelar baru dan memperpanjang nama
8. Menambah nilai pribadi kita dan memiliki kebanggaan tersendiri
9. Mengubah pola pikir menjadi lebih baik
10. Saingan di S1 sudah terlalu banyak


Dari beragam alasan itu yang pasti, motivas apapun selayaknya kita dukung. Setidaknya selama gelar S2 atau S3 yang kelak akan disandang dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Diolah dari kaskus