Sumber Daya Energi Terbarukan Indonesia

Hallo agan...Wilayah Indonesia yang demikian luas, terkandung sumber daya alam dan potensi energi yang melimpah, baik di dalam permukaan tanah maupun di atas permukaan tanah. Dalam perut bumi Indonesia terkandung mineral batubara, gas, minyak bumi yang merupakan hasil proses fosil berjuta tahun yang lalu. Batubara, gas dan minyak bumi merupakan campuran yang sangat kompleks dari senyawa-senyawa hidrokarbon dan unsur lain dalam jumlah kecil seperti belerang (S), nitrogen (N), oksigen (O), vanadium (V), nikel (Ni), besi (Fe), tembaga (Cu), air dan garamgaram tersebar. Selain itu, dalam hal sumber daya energi, Indonesia juga mempunyai kandungan energi panas bumi yang melimpah.

 Sabuk gunung api pasifik yang melintas Pulau Sumatra, Jawa hingga ke timur merupakan potensi kekayaan lain dari bumi Indonesia. Indonesia merupakan negara yang kaya dengan berbagai potensi sumber daya alam. Keberadaan sumber daya alam ini memiliki peranan penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional. Berikut ialah beberapa keunggulan sumber daya alam Indonesia yang menjadi modal dasar Indonesia dalam pelaksanaan pembangunan nasional.

Energi adalah modal dasar dalam melakukan pembangunan nasional. Setiap kegiatan di era modern ini memerlukan energi untuk menggerakkannya. Ketersediaan sumber energi mutlak diperlukan untuk menjalankan berbagai aktivitas dalam kehidupan kita. Perhatikan energi dapat kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari dalam berbagai bentuk seperti bahan bakar minyak yang dipakai pada kendaraan bermotor dan listrik yang dipakai untuk menghidupkan berbagai perangkat seperti mesin, komputer, lampu dan sebagainya. Kebutuhan energi di Indonesia semakin meningkat dari dari waktu ke waktu. Hal ini dikarenakan pertambahan jumlah penduduk Indonesia yang terus meningkat, pembangunan industri yang semakin pesat, dan pembangunan wilayah yang terus terjadi di Indonesia.


Potensi sumber daya energi di Indonesia cukup melimpah mulai dari sumber daya energi tak terbarukan yang berasal dari fosil seperti minyak bumi, batubara, dan gas alam. Sumber daya energi terbarukan di Indonesia memiliki potensi yang lebih dibandingkan sumber daya energi yang berasal dari fosil. Sumber daya energi terbarukan ialah sumber energi yang dapat diperbarui lagi dan ketersediaannya melimpah di dalam seperti sinar matahari, angin, air, dan panas bumi. Sumber energi terbarukan tidak dapat langsung dipakai melainkan harus diolah terlebih dahulu menjadi bentuk yang lain agar dapat dimanfaatkan.

Mari kita cermati lebih mendalam tentang keunggulan Indonesia pada beberapa sumber energi terbarukan berikut.

1) Sinar matahari

matahari bersinar

Wilayah Indonesia terletak di sepanjang garis khatulistiwa. Menurut para ahli wilayah ini termasuk wilayah tropis. Wilayah tropis memiliki keunggulan dalam hal penyinaran matahari. Sepanjang tahun wilayah tropis selalu terkena oleh cahaya matahari yaitu selama kurang lebih 10-12 jam per hari.

 Berbeda halnya dengan negara-negara yang memiliki empat musim sepanjang tahun. Negara-negara tersebut tidak dianugerahi panas cahaya matahari sepanjang tahun. Potensi sinar matahari ini menjadi salah satu keunggulan Indonesia di bidang energi listrik alternatif sangat perlu dimanfaatkan, mengingat total intensitas rata-rata 4,5 kWh per meter persegi per hari. Pemanfaatan sumber energi dari matahari diwujudkan dalam bentuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). PLTS diharapkan dapat membantu menopang kebutuhan energi nasional. Di Indonesia sudah ada beberapa PLTS yang dibangun seperti PLTS di Daruba, Morotai dan PLTS Bali.



2) Angin

artimimpi.web.id


Wilayah Indonesia berada di sekitar daerah ekuator merupakan pertemuan sirkulasi Hadley, Walker, dan lokal. Kedua sirkulasi tersebut berpengaruh terhadap pola pergerakan udara di Indonesia. Kondisi ini menyebabkan angin dapat dimanfaatkan menjadi salah satu alternatif sumber energi di Indonesia. Indonesia sangat berpotensi membangun pembangkit listrik tenaga angin untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. 

Beberapa lokasi di Indonesia merupakan ladang angin yang bisa digunakan untuk menghasilkan energi listrik hingga 900 megawatt. Namun demikian, sirkulasi Walker dapat berpengaruh terhadap kejadian El-nino dan La-nina, sementara sirkulasi Hadley berpengaruh terhadap kondisi iklim lokal di Indonesia.

Lokasi ladang angin tersebut antara lain ada di bagian selatan Pulau Jawa, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Timur. Namun sampai saat ini baru ada dua pembangkit listrik tenaga angin yaitu di Papua dan Sulawesi Selatan.


3) Panas Bumi (geothermal)

panas bumi


Bagaimana persebaran geothermal yang ada di Indonesia? Mengapa Indonesia mempunyai potensi Geothermal yang sangat besar? Alasannya adalah Indonesia terletak di kawasan cincin api (ring of fire) dunia. Kondisi ini mengakibatkan di wilayah Indonesia tersebar rangkaian gunung api dari ujung Pulau Sumatra sampai dengan wilayah timur Indonesia. 

Keberadaan banyak gunung api di Indonesia mengakibatkan tingginya potensi sumber panas bumi di Indonesia. Indonesia secara geologis terletak pada pertemuan tiga lempeng tektonik utama yaitu: Lempeng Eropa-Asia, India-Australia dan Pasifik yang berperan dalam proses pembentukan gunung api di Indonesia. 


Kondisi geologi ini memberikan kontribusi nyata akan ketersediaan energi panas bumi di Indonesia. Manifestasi panas bumi yang berjumlah tidak kurang dari 244 lokasi tersebar di Pulau: Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Maluku, Sulawesi, Halmahera, Papua, dan Kepulauan Nusa Tenggara.

Panas bumi dapat dimanfaatkan menjadi salah satu alternatif sumber energi di Indonesia melalui pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi (geothermal) (PLTG). Pemanfaatan potensi panas bumi memiliki beberapa keuntungan yaitu ramah lingkungan dan ketersediaanya sangat melimpah di Indonesia. Beberapa PLTG yang sudah beroperasi di Indonesia antara lain: PLTG Sibayak, PLTG dieng, dan PLTG Gunung Salak.

Selama ini penggunaan energi tak terbarukan di Indonesia lebih dominan jika dibandingkan dengan penggunaan energi terbarukan. Coba kalian cermati penggunaan kendaraan dengan bahan bakar minyak dengan kendaraan berbahan bakar listrik! Penggunaan kendaraan berbahan minyak jumlahnya jauh di atas penggunaan kendaran berbahan bakar listrik.

Kondisi ini sangat mengkhawatirkan karena sumber energi tak terbarukan ketersediaannya semakin menipis. Oleh kerena itu, mulai dari sekarang kita tidak boleh selalu tergantung dengan bahan bakar minyak yang tak terbarukan. Indonesia masih memiliki sumber energi terbarukan yang sangat potensial untuk dikembangkan.


Demikian artikel saya tentang Keunggulan Sumber Daya Energi Terbarukan Indonesia semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian.