Tujuan Kerjasama Antarnegara di Bidang Ekonomi


Kerja sama ekonomi antarnegara merupakan kerja sama yang dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan dengan melibatkan negara lain. Kerja sama ekonomi antarnegara dapat berlangsung pada beberapa bidang, yaitu bidang perdagangan, bidang teknis, dan bidang keuangan. Kerja sama di bidang perdagangan contohnya kegiatan ekspor dan impor entah itu ekspor dan impor bahan makanan, benda elektronik, kendaraan, Bahan pakaian dan benda lainnya.. Kerja sama di bidang teknis contohnya pengiriman tenaga ahli dari satu negara ke Negara lain contohnya, karena di afrika belum ada yang bisa membangun jembatan layang maka dikirimkan tenaga ahli dari Indonesia. Kerja sama bidang keuangan contohnya pinjaman luar negeri contohnya, Indonesia meminjam uang kepada Negara China untuk menaikkan nilai rupiah terhadap dollar.

kerjasama


Tujuan Kerja Sama Antarnegara Bidang Ekonomi

Kerja sama ekonomi sangat penting dilakukan oleh setiap negara di dunia, baik bagi negara maju maupun negara berkembang. Dalam rangka memajukan perekonomian dalam negeri, Indonesia memiliki tujuan tersendiri dalam menjalin kerja sama ekonomi dengan negara-negara lain. Apakah tujuan kerja sama ekonomi yang dilakukan oleh Indonesia dengan negara-negara lain? Kerja sama ekonomi antarnegara bertujuan untuk mencapai hal-hal berikut!

a. Memperluas Daerah Pemasaran

Kegiatan ekonomi tidak hanya terjadi dalam batas wilayah antardesa, antarkota, antarprovinsi, atau antarpulau saja, melainkan juga terjadi antarnegara. Adanya kerja sama ekonomi antarnegara menyebabkan daerah pemasaran yang dapat dijangkau makin luas. Suatu negara tidak hanya dapat memasarkan hasil produksinya di dalam negeri melainkan juga sampai ke negara lain.

b. Mendorong Produktivitas Produksi dalam Negeri

Adanya kegiatan ekspor-impor dari satu negara ke negara lain menuntut eksportir atau importir untuk menambah jumlah produk yang harus dihasilkan. Hal ini mendorong dunia usaha dalam negeri untuk melakukan penelitian dan pengembangan teknologi agar produksi dapat terus meningkat dan dapat memenuhi kebutuhan dunia.

c. Mencukupi Kebutuhan dalam Negeri

Kebutuhan penduduk suatu negara bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Sementara kemampuan pengadaan produk untuk memenuhi kebutuhan tersebut makin terbatas. Akibatnya, produk yang diperlukan tidak dapat dihasilkan seluruhnya di dalam negeri, baik karena ketersediaan sumber daya alam yang terbatas atau karena kemampuan teknologi dan kualitas sumber daya manusia yang rendah.

Agar kebutuhan penduduk terpenuhi, negara harus mengimpor produk-produk dari negara lain. Misalnya Jepang, negara ini terkenal dengan produkproduknya
yang berteknologi canggih seperti mobil dan alat elektronik. Untuk menghasilkan produk-produk tersebut, Jepang sangat memerlukan bahan baku alam, tetapi bahan baku tersebut tidak dihasilkan di negaranya. Oleh karena itu, Jepang mengimpor barang-bahan baku alam dari negara-negara lain seperti Indonesia. Sebaliknya, Indonesia membutuhkan produk-produk berteknologi canggih, tetapi belum mampu sepenuhnya menghasilkannya sendiri. Maka, untuk memenuhi kebutuhan, Indonesia mengimpor produkproduk tersebut dari Jepang.

d. Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi

Kerja sama ekonomi yang dilakukan oleh negara-negara di dunia memungkinkan terjadinya aliran investasi usaha dari satu negara ke negara lain. Kerja sama ini membuat roda perekonomian berputar lebih cepat sehingga pertumbuhan ekonomi juga makin cepat. Pertumbuhan ekonomi yang baik menyebabkan sebuah negara mampu membuka lapangan kerja yang lebih luas sehingga pengangguran di Negara tersebut dapat berkurang dan rakyat akhirnya menjadi sejahtera.

e. Membebaskan Negara dari Keterbelakangan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi tiap-tiap negara berbeda-beda. Ada yang ekonominya sudah maju contohnya Negara-negara di eropa dan amerika, ada pula yang masih berkembang seperti ekonomi sebagian besar Negara Asia dan Afrika. Melalui kerja sama ekonomi, suatu negara memiliki kesempatan untuk membangun perekonomiannya agar semakin maju dan lebih baik.
Untuk informasi yang lebih jelas tentang kemajuan ekonomi baca juga : Pengertian Negara maju dan pengertian Negara berkembang

f. Mendukung Terciptanya Ketertiban dan Perdamaian Dunia


Keterlibatan negara-negara di dunia dalam kerja sama ekonomi dapat mempererat persahabatan dan kemitraan antarnegara contohnya Indonesia dan Amerika memilki hubungan diplomatik yang baik karena kedua Negara ini sering bekerjasama dalam bidang ekonomi seperti ekspor dan impor. Hal ini mendukung  terciptanya ketertiban dan perdamaian dunia.

Demikian artikel dari saya tentang Tujuan Kerjasama Antarnegara di  Bidang Ekonomi semoga bermanfaat bagi agan sekalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel