Cara Sabun Bekerja


Hallo Agan..Kalian kalau mandi pasti memakai sabun, jika tidak pakai sabun itu berarti kalian orang yang jorok. Nah ngomong-ngomong soal sabun pernahkah agan berpikir bagaimana sabun bekerja saat kita meggunakannya? Apakah hanya sekedar  kita menggosokkannya ke badan kita lalu badan kita bisa langsung bersih?  Kalo cara kerjanya begitu kita pakai batu kerikil pun bisa!, sabun kang wangi sedangkan batu kerikil enggak wangi!, kalau begitu semprot saja pakai minyak wangi nanti kerikilnya juga ikutan wangi! Nah daripada debat gk jelas lebih baik kita melihat penjelasan di bawah ini tentang cara kerja sabun. Lets cek this out.

sabun.jpg
sabun untuk mandi dan cuci tangan


Seperti yang kita ketahui, Air murni tidak memiliki sifat pembersih dari minyak dan bakteri. Oleh karena itu, kita perlu sabun atau deterjen untuk menghilangkan kotoran yang berupa minyak dan kotoran organik (bakteri) yang ada pada tubuh kita.

Sabun dan deterjen adalah surfaktan yaitu mereka dapat  mengurangi tegangan permukaan air, yang memungkinkan untuk bereaksi  dengan mudah jika bertemu minyak dan lemak . Sabun dibuat dengan proses yang disebut saponifikasi. Di sinilah trigliserida secara kimiawi bergabung dengan pasukan dengan alkali kuat untuk melawan kotoran dan minyak.

Hidrofobik - The trigliserida dari molekul sabun adalah hidrofobik, yang berarti bahwa itu akan menarik  kotoran dan debu yang ada pada tubuh kita sehingga tubuh menjadi lebih bersih dan segar dan cerah. Hidrofilik disebut juga  Dikepala alkali, yang berarti bahwa itu dapat juga  menarik air.
 baca juga gan: ciri-ci air yang tercemar

Ketika kotoran datang dalam kontak dengan molekul sabun, ekor hidrofobik menempel  ke kotoran. Banyak molekul sabun akan menempel pada kotoran untuk membentuk struktur yang disebut misel sabun.

Setelah campuran sabun-kotoran dilepaskan, tetap tersuspensi dalam air dan hanyut saat Anda membilasnya dengan air bersih dan saat itu tubuh agan sudah bersih wangi serta terbebas dari kotoran dan minyak yang kotor.