Cara Kerja Penangkal Petir


Hallo Agan…Kalian sering dengan suara gemuruh saat hujan, yap itulah yang dinamakan Guntur, biasanya Guntur dibaringi denga sebuah kilatan cahaya yang biasa kita sebut petir atau bledek. Pengertin petir menurut Bnjamin franklin ilmuan listrik statis petir adalah kilatan cahaya yang muncul akibat perpindahan muatan negatif (elektron) antara awan dan awan, atau antara awan dan bumi. Petir dapat terjadi ka rena adanya perbedaan potensial yang sangat besar antara dua awan yang berbeda, atau antara awan dengan bumi, sehingga akan terjadi lompatan muatan listrik, atau perpindahan elektron secara besar-besaran dari awan ke bumi, atau dari awan ke awan lainnya. Perpindahan muatan listrik (elektron) tersebut disebabkan oleh adanya perbedaan potensial listrik (beda potensial listrik).

petir.jpg
petir yang menyambar membawa energi yang besar


Cara kerja penangkal petir

Nah, ngomog-ngomong soal petir pernahkan kalian mengamati pada bangunan-banguna tinggi biasanya terdapat sebuah benda runcing yang sepertinya terbuat dari logam yang tersambung denga kawat menuju ke tanah. Yap, itulah yang benda yang dimaksud penangkal petir. Untuk mengetahui cara kerja penangkal petir simak penjalasan di bawah ini!

Petir dapat menimbulkan korban karena membawa energi yang sangat besar. Petir cenderung akan menyambar benda-benda yang tinggi seperti pohon, tiang bendera, dan bangunan-bangunan yang tinggi terutama gdung-gedung pencakar langit. Oleh sebab itu, agan jangan berdiri di sawah atau tanah lapang saat hujan dan riuhnya suara Guntur, karena pada saat itu agan lah objek yang paling tinggi dibandingkan objek lain di sawah dan tanah lapang. pada konstruksi bangunan-bangunan tersebut selalu diberi penangkal petir yang dipasang di atap . Tahukah kamu bagaimana sistem kerja penangkal petir? Penangkal petir dibuat runcing dari bahan konduktor (logam) dipasang di atas sebuah bangunan atau gedung yang dihubungkan dengan kabel sampai ke tanah, kemudian kabel tersebut di tanam di dalam tanah dengan tujuan agar arus petir yang sangat besar dapat segera dinetralkan ke dalam tanah (grounding).

Nah, artikel tentang petir tadi cukup ringkas, padat dan mudah dipahami bukan? Itulah artikel tentang cara kerja penangkal petir dari saya semoga bermanfaat bagi agan sekalian.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel