Bahaya, Pestisida Ternyata Dapat Merubah Perilaku Laba-laba

Hallo Agan...Pestisida adalah zat yang biasa digunakan petani untuk  membasmi hama yang biasa menyerang tanaman pertanian mereka,Walaupun pestisida dapat membunuh hama dan meningkatkan hasil panen tetapi penggunaan pestisida dapat mencemari lingkungan serta mengganggu keseimbangan ekosistem.

Dampak penggunaan pestisida secara berlebihan bukan hanya dapat mencemari lingkungan serta mengganggu ekosistem lingkungan saja tetapi pestisida juga dapat mempengaruhi dan mengubah perilaku makhluk hidup.

Contohnya di  Amerika Utara, Pestisida mungkin lebih beracun untuk laba-laba kata para ilmuwan. Sebuah tim peneliti McGill mencapai kesimpulan ini setelah melihat perubahan perilaku laba-laba yang bernama Bronze Jumping Spider baik sebelum dan setelah terpapar pestisida yang digunakan secara luas untuk kepentingan pertanian. Ini merupakan temuan yang berdampak  luas untuk produksi pertanian dan keseimbangan ekosistem.

Bahaya Pestisida Ternyata Dapat Merubah Perilaku Laba-laba
by pixabay

Laba-laba pelompat "Bronze“ memainkan peran penting dalam ekosistem kebun dan ladang, terutama pada awal musim pertanian, karena mereka memakan banyak hama seperti wereng,belalang sangit, ngengat dan hama-hama lainnya yang menyerang tanaman muda dan buah-buahan," kata Raphaël Royauté, seorang mantan mahasiswa PhD McGill yang  melakukan studi pada subjek  yang diterbitkan di Ekologi Fungsional baru. "Petani menyemprokant pestisida pada tanaman untuk menyingkirkan hama yang sama  yang dimakan laba-laba, dan para petani berpikir bahwa itu tak banyak berpengaruh signifikan terhadap perilaku laba-laba. Tapi kita sekarang tahu bahwa itu ternyata cukup berpengaruh"
Baca juga info tentanglaba-laba yaitu: Ternyata Burung sangat bergantung pada laba-laba

Para peneliti menemukan fakta ini dengan berfokus pada cara bahwa paparan pestisida mempengaruhi perilaku individu  laba-laba , termasuk hal-hal seperti kemampuan mereka untuk melompat untuk menyergap mangsa dan minat mereka dalam mengeksplorasi wilayah baru, yang keduanya penting untuk kelangsungan hidup mereka dan peran mereka dalam mengurangi serangan hama.

Kepribadian laba-laba

"Kebanyakan individu memiliki  sesuatu yang disebut “tanda tangan” individu, dalam perilaku mereka,  yang apa ilmuwan panggil sebagai “ tipe kepribadian "kata Royauté." Beberapa laba-laba bersedia  untuk mengambil risiko ketika predator hadir, mengeksplorasi wilayah-wilayah baru yang lebih cepat, atau menangkap mangsa lebih cepat. Tetapi efek dari  pestisida  pada tipe kepribadian masing-masing laba-laba  masih kurang penjelaskan.

Para peneliti menemukan bahwa, secara umum, perilaku laba-laba menjadi lebih "tak terduga" dan individu berperilaku kurang sesuai dengan tipe kepribadian mereka setelah mereka terkena pestisida. Hal ini bisa jadi karena beberapa individu jauh lebih sensitif terhadap pestisida daripada individu yang lain. Menariknya, mereka juga menemukan bahwa laba-laba jantan dan laba-laba betina yang terkena  pestisida memiliki dampak yang  berbeda. Laba-laba jantan yang telah terkena pestisida mampu terus menangkap mangsa seperti yang telah mereka sebelumnya, tapi "kehilangan" tipe kepribadian mereka ketika menjelajahi lingkungan mereka.  Sedangkan Laba-laba Betina , di sisi lain, jauh lebih terpengaruh dalam kemampuan mereka untuk menangkap mangsanya.

"Dengan melihat cara pestisida mempengaruhi perilaku individu laba-laba  yang dilakukan dalam penelitian ilmiah, kita bisa melihat beberapa efek signifikan yang  telah dinyatakan tidak terjawab, "kata Chris Buddle, yang ikut menulis hasil penelitian ini. "Ini berarti kita dapat mengukur efek dari pestisida sebelum efek pada populasi laba-laba secara keseluruhan terdeteksi, dan dalam hal ini, itu bisa dijadikan sebagai peringatan tentang bahaya pestisida terhadap lingkungan lebih besar dari apa yang kita telah perkirakan."


Para peneliti berharap bahwa penelitian ini akan mengarah pada reevaluasi prosedur yang digunakan untuk memperkirakan toksisitas senyawa pestisida dengan mendorong peneliti lain untuk lebih memperhatikan efek yang terjadi pada individu yang terpapar pestisida.

Demikian postingan dari saya tentang Bahaya, Pestisida Ternyata Dapat Merubah Perilaku Laba-laba, semoga bisa bermanfaat bagi agan dan saya berpesan kepada agan seklain untuk selalu menjaga lingkungan dan alam kita tercinta karena kita membutuhkan mereka dan seharusnya kita berterimakasih kepada mereka karena alamlah kita dapat hidup sekaligus meminta maaf karena telah sering merusak mereka.
Zein Sakti
Zein Sakti Orang yang mencari peruntungan di dunia blogging