Cara Lebah Membuat Madu

Apa itu Madu?
Bagaimana Lebah Membuat Madu? Ini Jawabannya!
lebah madu
Madu pada dasarnya adalah gula yang terdiri dari beberapa bahan terutama fruktosa dan glukosa. Manusia biasa memanfaatkan madu untuk dikonsumsi karena madu sangat lezatan dan manis, madu kerap dijadikan sebagai sirup, selai serta bahan campuran untuk makanan dan minuman agar menambah cita rasa. Selain untuk dikomsumsi madu juga sering digunakan sebagai obat karena madu mengandung banyak vitamin,mineral serta banyak memiliki nilai-nilai obat selain itu madu juga meiliki zat antimikroba serta zat penyembuh sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh manusia seperti menambah stamina, menyembuhkan penyekit serta memperkuat daya tahan tubuh.

Apa itu Lebah Madu?
Lebah madu adalah hewan berJenis Serangga yang termasuk dalam Spesies / Genus: Apis Memiliki anatomi tubuh yang terdiri dari Dua sayap, dua antena dan tiga bagian bagian tubuh yaitu: kepala, thorax atau dada serta perut. Lebah memiliki 6 kaki, 2 mata majemuk dan 3 mata sederhana. Rumah lebah madu disebut Hives. Lebah madu terdiri dari 3 kalangan lebah yaitu, Ratu lebah, lebah penjaga dan lebah pekerja.

Lalu Bagaimana Madu dibuat?
Nektar ketika dikumpulkan oleh lebah madu dari bunga memiliki kadar air sekitar 80% . Air ini harus diekstrak dari nektar untuk membuat madu, madu yang dihasilkan oleh lebah memiliki kandungan air hampir 14-18%.

Dalam rangka untuk mengekstrak madu dari nektar, lebah mulai bekerja dan terbang sejauh 55.000 mil untuk mengumpulkan nektar dari bunga dan 1 lebah biasanya mngunjungi sekitar 100 bunga!

Lebah pekerja menyimpan nektar ini dalam karung di perut mereka dikenal sebagai perut madu di mana gula dipecah menjadi senyawa sederhana. Ketika perut madu mereka penuh dengan nektar, mereka kembali ke sarang mereka. Berikut lebah pekerja dari dalam sarang mengambil madu dan toko di sel heksagonal dan menutup sel-sel ini dengan lilin yang dihasilkan oleh lebah. Sementara di sel, lebah mengepakkan sayap mereka cepat untuk membuang kelebihan air.

Bagaimana Anda pikir lebah mengumpulkan nektar?
Nah, lebah dilengkapi dengan jerami seperti lidah panjang dan lengket yang mereka mengumpulkan nektar dari bunga.

Fakta menarik tantang lebah madu dan madu
Dalam musim yang baik, sarang lebah bisa menghasilkan sekitar 27 kilogram madu!
Lebah madu adalah bagian yang sangat penting dalam proses penyerbukan. Tanpa mereka, penyerbukan akan sangat sulit dan karenanya, akan mempengaruhi kehidupan manusia pada masalah yang besar. Tidak ada penyerbukan, tidak ada bunga dan buaha-buahan! Lalu manusia makan apa? Oleh karena itu kita harus selalu menjaga lingkungan kita agar lebah madu dapat selalu ada dan dapat melakukan penyerbukan pada tanaman-tanaman kita.