Pengaruh Keunggulan Lokasi Indonesia Terhadap Kegiatan Ekonomi

Hallo Agan...Indonesia merupakan salah satu Negara yang tergabung di dalam Benua Asia, tepatnya di Asia Tenggara. Indonesia ini juga terlintasi langsung oleh matahari atau berada dalam Garis Khatulistiwa. Maka dari itu, Indonesia merupakan negara yang memiliki Iklim tropis.

a. Pengaruh Keunggulan Iklim terhadap Kegiatan Ekonomi.

Indonesia memiliki iklim muson tropis. Keunggulan dari adanya iklim muson tropis adalah adanya hujan yang cukup (curah hujan tidak terlalu besar), kondisi suhunya normal (tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin),flora dan fauna yg unik dan mungkin hanya ada di Indonesia ( endemik ), memiliki hutan hujan yang lebat, dapat melakukan kegiatan bercocok tanam dengan varietas tanaman yang beraneka ragam yang mungkin hanya bisa tumbuh di daerah tropis dan adanya musim hujan dan kemarau. 

Kondisi ini akan menyebabkan manusia dapat melakukan kegiatan ekonomi sepanjang tahun. Contoh: Petani dapat melakukan produksi dengan menanam padi sepanjang tahun. Padi yang dihasilkan petani akan digiling menjadi beras dan akan didistribusikan oleh distributor kepada konsumen untuk dikonsumsi. Contoh lain pedagang dapat berdagang sepanjang tahun, dokter dapat melakukan pekerjaannya sebagi dokter sepanjang tahun.

b. Pengaruh Keunggulan Geostrategis terhadap Kegiatan Ekonomi.

Dalam uraian tentang keunggulan geostrategis Indonesia telah dijelaskan bahwa
keunggulan geostrategis Indonesia adalah berkaitan dengan letak Indonesia yang berada di antara dua benua yakni benua Asia dan Australia, serta terletak di antara dua samudra yakni Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Posisi tersebut akan menyebabkan perdagangan bangsa-bangsa Asia dan Australia akan selalu melewati wilayah Indonesia. Dengan demikian akan menyebabkan terjadinya pengembangan perdagangan di Indonesia.
Hal ini menyebabkan terjadinya kegiatan ekonomi di Indonesia terkait dengan kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi. Untuk menjelaskan hal tersebut kamu simak uraian berikut!


Pengaruh Keunggulan Lokasi Indonesia Terhadap Kegiatan Ekonomi
jalur perdagangan
                                       

Komoditas perdagangan yang dihasilkan bangsa Indonesia yang berupa hasil bumi seperti rempah-rempah menjadi incaran bangsa-bangsa Barat pada masa lalu. Berbagai hasil bumi Indonesia tidak hanya menjadi konsumsi bangsa-bangsa Asia, tetapi juga menjadi salah satu incaran bangsa-bangsa Barat. Rempah-rempah menjadi salah satu komoditas penting yang banyak dibutuhkan bangsa-bangsa Eropa. Tentunya kamu sudah mengetahui betapa pentingnya rempah-rempah bagi bangsa-bangsa Eropa. Pada awalnya bangsa-bangsa Eropa memperoleh rempahrempah indonesia melalui para pedagang Arab.

Para pedagang bangsa Eropa memperoleh rempah-rempah dari para pedagang
Asia di sekitar negara Turki. Kamu tentu dapat memberikan alasan, harga rempahrempah
di tempat tersebut sudah mahal karena para pedagang Asia sudah mengambil
keuntungan. Selanjutnya oleh para pedagang Eropa, rempah-rempah tersebut dijual
di pasar Eropa, yang tentu harganya sudah menjadi sangat mahal. Alasan itulah yang
menyebabkan bangsa Eropa ingin menguasai kekayaan rempah-rempah Indonesia
agar memperoleh keuntungan yang besar.

Peta jalur perdagangan dunia menjelaskan bahwa Indonesia menjadi tujuan utama para pedagang dari negara-negara Eropa. Mengapa masyarakat Eropa begitu tertarik dengan Indonesia? Jauh sebelum abad XV, Indonesia telah menjadi pusat perdagangan dunia. Kamu tentu masih ingat dengan Kerajaan Sriwijaya yang berpusat di Sumatra Selatan.
Kerajaan Sriwijaya merupakan terminal penting para pelaut Asia. Para pedagang Arab, India, dan China sangat banyak ditemui di Kerajaan Sriwijaya. Tahukah kamu mengapa Indonesia menjadi penting bagi perdagangan internasional? Indonesia menjadi strategis sebagai pusat perdagangan internasional, disebabkan oleh letak yang berada pada posisi silang lalu lintas pelayaran perdagangan dunia. Perdagangan laut dari Asia Barat ke Asia Tenggara dan Asia Timur maupun sebaliknya akan selalui melewati Indonesia.

Selat Malaka sangat penting artinya bagi mobilitas pelayaran bangsa-bangsa dunia. Pelayaran dari Asia Barat ke Asia Timur pasti akan melewati Selat Malaka. Selain menjadi tempat persinggahan para pedagang dari berbagai bangsa, Indonesia memiliki hasil bumi yang melimpah. Tentu saja hal tersebut menarik minat bangsabangsa asing.

Apakah pada saat ini Indonesia masih menjadi negara yang memiliki hasil bumi yang diminati bangsa lain? Hasil bumi apa saja yang menjadi andalan bangsa Indonesia masa sekarang? Perbedaan aktivitas produksi di suatu daerah menyebabkan adanya saling ketergantungan dengan daerah lain. Aktivitas perdagangan itulah cerminan dari kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi serupa dilakukan oleh bangsa-bangsa Barat. Bangsa-bangsa Barat memerlukan produksi rempah-rempah untuk didistribusikan
kepada para konsumennya.

Selain unggul dalam kegiatan ekonomi lokasi Indonesia Juga unggul dalam hal komunikasi untuk mengetahui informasinya baca juga: Pengaruh Keunggulan Lokasi Indonesia Terhadap Cara Berkomunikasi

c. Pengaruh Keunggulan Tanah terhadap Kegiatan Ekonomi.

Iklim muson tropis membawa dampak pergantian musim di Indonesia. Keberadaan musim hujan dan kemarau di Indonesia memungkinkan berbagai tanaman mudah tumbuh dan berkembang Karena Memiliki tanah yang subur kaya akan zat hara. Tanaman untuk kebutuhan sehari-hari dapat ditanam di setiap waktu. Hal ini berbeda dengan bangsa-bangsa Eropa yang memiliki empat musim yakni musim panas, musim dingin, musim semi, dan musim gugur. Kondisi tersebut tidak memungkinkan melakukan aktivitas pertanian dengan baik. Kesuburan tanah yang dimiliki Indonesia menyebabkan seseorang juga dapat mengolah tanahnya untuk pertanian dan perkebunan dengan baik.



Zein Sakti
Zein Sakti Orang yang mencari peruntungan di dunia blogging