Kumpulan Fakta Dan Informasi Tentang Gurita

Hallo Agan...membicarakan tentang  cumi-cumi, sotong dan gurita, Gurita diketahui invertebrata paling cerdas di diantara. Mereka juga dikenal sebagai cumi-cumi. Dengan delapan tentakel dan dua mata, mereka disebut sebagai makhluk yang paling hidup dari laut. Dengan menggunakan delapan tentakel, gurita dapat bergerak serta menangkap mangsanya. 


Kumpulan Fakta Dan Informasi Tentang Gurita
Gurita

Gurita adalah hewan moluska dari kelas Cephalopoda (kaki hewan terletak di kepala), ordo Octopoda dengan terumbu karang di samudra sebagai habitat utama. Gurita terdiri dari 289 spesies yang mencakup sepertiga dari total spesies kelas Cephalopoda. Gurita dalam bahasa Inggris disebut Octopus (Yunani: Ὀκτάπους, delapan kaki) yang sering hanya mengacu pada hewan dari genus Octopus.


Fakta-fakta Gurita

  • Gurita lebih suka menjadikan terumbu karang sebagai tempat tinggal utamanya. Mereka tidak memiliki tulang tetapi mereka memiliki jaringan lunak di sekitar seluruh bagian tubuh mereka. Satu-satunya bagian yang sulit di tubuh mereka adalah paruh, yang diposisikan antara delapan tentakel mereka. Paruh keras ini berbentuk seperti paruh burung nuri.

  • Gurita dapat melihat dan mendengar suara tetapimereka tidak bisa mendengar. Fakta lain yang mungkin dapat memukau Agan tentang gurita adalah bahwa ternyata gurita memiliki tiga hati. Gurita Menggunakan dua hati untuk mengalirkan darah melalui insang, sedangkan satu hati digunakan untuk mendistribusikan darah jantung ke seluruh tubuh. Gurita memiliki struktur fisik hampir 4,3 kaki panjang dan 220 lbs dalam berat badan.

  • Ada lebih dari 200 spesies gurita yang ditemukan di perairan seluruh dunia. Spesies terbesar dapat tumbuh hingga panjang 16 kaki . Mereka sebagian besar terletak di lautan. Spesies yang terdapat dalam air dingin yang relatif lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tinggal di air hangat. Meskipun mereka dikenal untuk hidup di lautan, Agan mungkin menemukan mereka hanya di bagian laut yang memiliki banyak terumbu karang dan lingkungan berbatu untuk mereka. Mereka dapat ditemukan hidup di celah dibuat di batu. Mereka menemukan lubang atau celah tersebut cukup terlindungi.
  • Mereka suka makan apa yang mereka temuka di sekitar mereka termasuk udang karang, kerang, kepiting, moluska, dll Sementara gurita sedang makan, gurita memegangi mangsanya dengan tentakelnya. Mereka menggunakan air liur berbisa mereka untuk menyuntikkan ke dalam tubuh mangsanya. Itu membuat mangsa yang lemah dan kemudian mereka mulai mengisap daging mangsa menggunakan paruh keras mereka.
  • Gurita umumnya berburu pada malam hari dan menyemprotkan tinta hitam untuk membingungkan mangsa. Tinta hitam ini juga digunakan sebagai  pelindung untuk bisa lari dari predator. Dengan menyebarkan tinta, mereka bisa bersembunyi di balik celah batuan dan menyingkirkan predator. Tinta ini begitu padat yang dapat membutakan predator. Kurangnya tulang juga memungkinkan mereka untuk menekuk lebih cepat di bawah terumbu karang. Moray, Congers, hiu dan belut adalah beberapa ancaman besar bagi gurita untuk menyadari.
  • Mereka juga memiliki fitur unik dari pencampuran dengan lingkungan mereka. Hal ini juga membantu mereka untuk menjauh dari mencapai dari predator. Dalam kasus manapun, jika tentakel mereka terluka atau disayat, hal ini tidak akan melumpuhkan gurita karenaTentakel mereka secara bertahap akn tumbuh kembali.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel