Cara Menjaga Kesehatan Secara Efektif

Kesehatan Adalah aset yang sangat berharga bagi manusia. Tanpa kesehatan manusia tidak bisa menikmati enaknya makanan, melihat keindahan dunia dan berkumpul dengan keluarga oleh karena itu, banyak orang yang rela menghabiskan banyak sekali dana demi mendapatkan kesehatan. Oleh karena itu kita sebagai manusia kita harus bersyukur kepada Allah SWT karena masih diberi kesehatan sehingga bisa menikmati enaknya makanan, indahnya alam semesta dan berkumpul bersama keluarga tercinta.


firmantel.com
Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan tersebut? Tentunyacara menjaga kesehatan adalah dengan melakukan hal yang menguntungkan bagi tubuh dan tidak melakukan hal yang merugikan tubuh. 

Apa hal yang menguntungkan bagi tubuh dan tidak merugikan tubuh? simak dibawah ini!


1. Biasakan pola makan yang sehat


Bagaimanakah pola makan yang sehat? Pola makan sehat adalah pola makan yang terdiri atas 4 sehat 5 sempurna, makanan kita harus terdiri dari makanan yang mengandung karbohidrat, protein, mineral dan zat penting lainnya yang ada dalam makanan seperti gandum, nasi, telur, sayur, buah-buahan dan susu. Baca juga cara meningkatkan kecerdasan secara efektif



2. Perbanyak minum air putih


Air membantu dalam membersihkan sisa metabolisme untuk menjaga metabolisme Kita dalam keadaan baik. Air juga dapat membantu Anda merasa lebih kenyang, jadi minumlah sedikitnya dua liter air setiap hari (atau lebih jika Anda aktif, atau hidup di iklim panas).usahakan minum air putih yang sudah dimurnikan. Air keran sering mengandung klorin dan fluorida yang mengurangi keuntungan kesehatan dari minum air putih.


3. Tidur nyenyak


Orang dewasa sebaiknya tidur antara 7 hingga 9 jam setiap hari, sementara anak-anak usia sekolah sebaiknya tidur antara 10 hingga 11 jam setiap hari. Salah satu cara yang jelas sangat penting untuk meningkatkan kualitas tidur adalah tidur dalam keadaan gelap total, karena adanya cahaya sedikit saja dapat mengganggu proses kimia yang memberi tahu Kita untuk beristirahat. Jika Agan tidak dapat menghilangkan cahaya di ruangan, gunakan penutup mata. Cara lain yang juga baik untuk meningkatkan kualitas tidur Agan adalah berolahraga.


4. Berolahraga secara rutin


Cobalah latihan kekuatan di rumah. Otot yang Kita kembangkan akan membantu meningkatkan metabolisme Kita. Tubuh orang-orang berotot membakar kalori lebih banyak dibanding tubuh orang biasa, bahkan ketika mereka sedang istirahat. Untuk membantu Agan terus melakukan kegiatan olahraga, buatlah jurnal olahraga. Rencanakan kapan dan di mana Agan  akan berolahraga setiap minggu dan lakukanlah. 


5. Hilangkan kebiasaan buruk


Berhentilah merokok, atasi kecanduan obat-obatan, dan jika perlu, berhenti meminum minuman keras. Hindari tingkah laku berisiko lainnya seperti mengebut, berkelahi, dan melakukan hal-hal yang menantang bahaya.(Biarlah Mad Dog saja yang melakukan)


6. Selalu menjaga kebersihan


Cuci tangan setelah bersentuhan dengan orang sakit, memakai kamar mandi, atau hal-hal lain yang dapat membuat Kita sakit. Sebagai tambahan dari memakai benang gigi (dental floss) secara teratur, gosoklah gigi dan lidah sedikitnya dua kali sehari untuk membatasi karang gigi dan bakteri yang merugikan. Mandilah secara teratur. Buat jadwal pertemuan dengan dokter dan dokter gigi untuk memastikan seluruh tubuh Kita berfungsi dengan baik dan Kita selalu sehat seperti biasanya.


7. Rubahlah sedikit gaya hidup  Agan


Jangan membuat lelah diri sendiri dengan melakukan langkah besar untuk sehat tanpa menghadapi hal-hal kecil juga. Daripada berlari sendirian di ruang olahraga tiga kali seminggu, cobalah memarkir mobil lebih jauh dari toko, jalan-jalan lebih sering dengan keluarga Agan, menggunakan tangga daripada elevator, atau memotong rumput di kebun. Daripada makan sayur dan makanan ringan tanpa gangguan di depan komputer atau televisi, luangkan waktu untuk menikmati makanan secara pelan-pelan dan cegah makan berlebihan tanpa sadar.Lakukan kebiasaan baru Anda terus-menerus dengan melakukannya pada tingkat dasar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel