Cara Meningkatkan Kecerdasan Secara Efektif

Hallo Agan...Siapa sih yang tidak ingin cerdas? Kita semua pasti ingin menjadi cerdas, dengan belajar di lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah kita bisa menjadi orang yang cerdas, tapi bagaimana cara meningkatkan kecerdasan kita agar tidak begitu-begitu saja? 

Baca juga: 6 alasan mengapa kita harus belajar matematika


7 Cara Meningkatkan Kecerdasan Secara Efektif


Untuk meningkatkan kecerdasan kita simak saja tips dibawah ini! 


Baca juga cara menjaga kesehatan secara efektif

1. Tingkatkan kemampuan mengingat 

Kecerdasan seringkali diidentikkan dengan kemampuan mengingat yang baik. Oleh karena itu tingkatkanlah kemampuan mengingat Agan  agar lebih baik. Kemampuan mengingat bisa ditingkatkan dengan cara Belajar yang rutin, Olahraga, tidur yang cukup dan makan makanan yang bergizi. Baca juga Cara meningkatkan kesehatan secara efektif.


2. Belajar secara rutin


Jika Agan nilai ulangannya jelek,tidak mampu untuk menjawab pertanyaan guru mungkin para agan kurang belajar dan cobalah belajar rutin, dengan belajar rutin otak Agan akan lebih mudah mengingat materi-materi pelajaran karena sudah sering dipelajari dan akan dengan mudah tersimpan di otak dan materi ersebut tetap awet.


3. Kerjakan PR di sekolah


PR untuk latihan membantu Kita mencerna apa yang baru saja dipelajari. Ketika Kita melakukannya, Kita akan lebih percaya diri menghadapi mata pelajaran terkait.Seringkali, mengerjakan PR tidak sama dengan belajar, jadi Kita tidak dapat menyebut PR sebagai belajar. Belajar melibatkan refleksi yang dalam dan terobosan pemahaman yang menyangkut dalam ingatan Anda. Jangan belajar hanya karena harus belajar, tidak akan manjur. Carilah cara agar Agan tertarik, buat belajar jadi menyenangkan dan Kita akan menguasainya lebih cepat, dan mengingat lebih banyak.


4. Perbanyak membaca


Membaca adalah jendela Ilmu. Setiap hal yang diketahui manusia dapat Kita temukan di media tertulis, baik itu buku dan majalah atau internet. Jadilah pembaca yang lahap, dan Kita akan mengekspos diri Kita akan gagasan dan informasi baru. Jika Kita pembaca lambat, pertimbangkan untuk belajar membaca cepat. Cobalah untuk membuat catatan, dan mungkin mencari satu-dua kata dalam kamus agar tidak bingung.

5. Kunjungi Prepustakaan


Kunjungilah perpustakaan entah itu perpustakaan sekolah atau perpustakaan kota untuk membaca atau memijam buku, dengan begitu kita dapat melatih ingatan kita karena telah membaca buku-buku yang ada di perpustakaan tersebut sekalian kita bisa menggoda penjaga perpustakaannya jika cantik.


6. Lakukan penelitian


Rasa ingin tahu tanpa inisiatif sama seperti mempunyai mobil yang kehabisan bensin. Kita tidak akan ke mana-mana. Untungnya, bila soal pengetahuan, Kita tidak pernah jauh dari kesuksesan. Bila Agan membaca kata yang tidak Anda mengerti, carilah dalam kamus. Bila Agan penasaran bagaimana pesawat bisa terbang, bacalah buku tentang pesawat. Bila Agan ingin tahu lebih banyak mengenai politik, bacalah surat kabar. Buka internet dan jelajahi dunia yang mendalam. dengan begitu kita akan memahami hal yang ingin kita ketahui.


7. Mencari tahu sendiri


Ada banyak lagi untuk melatih kecerdasan selain “Buku Pintar”. Kita semua dapat belajar untuk melakukan tugas harian di tempat kerja, rumah, dan sekolah dengan lebih baik dan lebih rajin. Jika ternyata Agan tidak tahu cara melakukan suatu hal, tahan godaan untuk minta tolong atau bertanya. Seringkali, Agan akhirnya dapat mencari tahu caranya sendiri, baik dengan trial-and-error atau dengan meneliti. Sementara biasanya memakan waktu lebih lama untuk mencari tahu sendiri daripada bertanya, Agan akan belajar lebih banyak mengenai keseluruhan proses, dan mengingatnya lebih baik. Paling penting, Agan akan mempraktekkan kemampuan problem-solving Agan daripada kemampuan “melakukan sesuai yang disuruh”.


Itulah 7 cara meningkatkan kecerdasan secara efektif semoga bermanfaat dan berguna bagi Agan.