Cara Agar Daya Baterai Ponsel Tidak Boros

Hallo Agan...Ponsel sekarang telah menjadi kebutuhan manusia karena fitur-fiturnya yang sangat membantu dan menarik terutama ponsel pintar. Akan tetapi masalah klasik yang menghinggapi hampir seluruh pengguna ponselpintar diseluruh dunia adalah habisnya baterai telepon pintar mereka padahal mereka sedang membutuhkan sekali ponselnya untuk melakukan kegiatan tetapi ponsel malah mati karena kehabisan baterai.



Ilustrasi: Baterai Habis


Tentunya baterai ponsel yang sering cepat habis membuat jengkel para pengguna ponsel di seluruh dunia. Lalu bagaimana cara mengatasinya simak cara-cara dibawah ini!

1. Matikan ponsel saat tidak digunakan

Mematikan ponsel saat tidak digunakan merupakan cara paling efektif  karena hal tersebut akan membantu menjaga energi dan juga mengisi ponsel Agan. Jika Agan tidak merencanakan untuk menjawab telepon ketika tidur atau setelah melakukan hal lain, matikanlah. Lakukan hal yang sama jika Agan berada di daerah tanpa sinyal, karena mencari sinyal banyak menghabiskan tenaga baterai. 

2 .Turunkan kecerahan layar

Layar yang terang tentunya sangat berguna bila kita berad diluar ruangan akan tetapi layar yang terang tentunya juga mengkomsumsi lebih banyak daya dari baterai oleh karena itu lebih baik redupkan layar ponsel terutama ponsel pintar karena itu bisa menurunkan konsumsi daya baterai.

3. Matikan mode getar

Mengaktifkan mode getar pada saat menyentuh layar atau menerima panggilan tentunya lebih banyak mengkomsumsi daya pada baterai oleh karena itu sebaiknya matikan saja mode getar agar baterai daya baterai lebih awet.

4. Matikan bluetooth

Bluetooth biasanya hanya digunakan untuk menstransfer file seperti musik dan video dan file lainnya tetapi bluetooth mengkomsumsi banyak daya dari baterai oleh karena itu, apabila sedang tidak melakukan aktifitas transfer-mentransfer file lebih baik matikan saja bluetoothnya.

5. Matikan fitur GPS

Fitur GPS biasanya berhubungan dengan google maps yang berguna untuk mencari dan mengetahui lokasi seperti jalan, alamat, rumah, kantor, restoran, tempat belanja, dan tempat lainnya. tetapi, apabila Agan sedang tidak melakukan hal tersebut lebih baik matikan saja untuk menghemat daya baterai.

6. Jangan menggunakan walpaper bergerak

Sebaiknya jangan Menggunakan walpaper bergerak karena itu akan menghabiskan lebih banyak daya baterai. Lebih baik gunakan walpaper yang berformat JPG atau PNG dibandingkan walpaper yang berformat GIF.

7. Copot aplikasi yang tidak digunakan

Bila Agan sudah tidak lagi menggunakan aplikasi tertentu, ada baiknya bila Agan menghapus aplikasi tersebut. Sebab, meskipun Agan tidak menggunakan aplikasi tersebut, tetapi aplikasi akan tetap berjalan di background.

Intinya agar daya baterai tetap awet gunakanlah ponsel seperlunya saja.

Sekian dari saya semoga bermanfaat see you.